Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1526
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorRomlah Widayati-
dc.contributor.authorN i r m a, 15311549-
dc.date.accessioned2021-11-23T07:33:08Z-
dc.date.available2021-11-23T07:33:08Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1526-
dc.description.abstractKebutuhan manusia akan pendidikan suatu yang mutlak. Penciptaan manusia pertama sebagai khalifah tidak lepas dari pendidikan. Usia remaja adalah usia kritis dalam pembentukan karakter. Olehnya perlulah penguatan akhlak sebagai pegangan dalam bertindak dan berperilaku. Salah satu tokoh yang memiliki perhatian besar terhadap pendidikan akhlak adalah Imam al-Ghazali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali serta upaya-upaya apa saja yang dilakukan para guru dan pembina dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali, serta faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dialami para guru dan pembina dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru, Pembina, dan santri MTs Pondok Pesantren DDI Soni. Tempat penelitian dilakukan di MTs Pondok Pesantren DDI Soni Kabupaten Toli-Toli. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Implementasi konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali di MTs Pondok Pesantren DDI Soni sudah dikatakan baik pelaksanaannya, dalam hal ini ditunjukkan dengan kontribusi para guru, staf, dan pembina dalam mengadakan banyak kegiatan dalam upaya mendidik akhlak karimah para santri, karena dengan mengadakan kegiatan implementasi konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali pada beberapa metode, santri dapat mengetahui banyaknya nilai-nilai pendidikan akhlak baik secara teori maupun praktek. 2) Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali di MTs Pondok Pesantren DDI Soni yaitu melalui metode: Mujahadah, Riyadah, Keteladanan, Pembiasaan, Pemberian Nasehat, Kisah, Ganjaran. 3) Faktor pendukung dalam mengimplementasi konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali yaitu: Dukungan Orang Tua Santri, Kerja Sama yang Solid antara para Guru, Staf, dan Pembina, Fasilitas. 4) Faktor penghambat dalam mengimplementasi konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali yaitu: Pro Kontra di Kalangan Guru/Pembina, Santri Terbagi dalam Dua Model, Pembina yang Masih Sedikiten_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectImam al-Ghazalien_US
dc.subjectKonsep Pendidikan Akhlaken_US
dc.subjectPondok Pesantrenen_US
dc.titleImplementasi Konsep Pendidikan Akhlak Imam al-Ghazali (Studi Kasus di MTs Pondok Pesantren DDI Soni Sulawesi Tengah)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15311549.pdf
  Restricted Access
2.55 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15311549_Publik.pdf
  Restricted Access
744.5 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.