Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1530
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanah-
dc.contributor.authorFaza Indallah, 16311731-
dc.date.accessioned2021-11-23T07:45:01Z-
dc.date.available2021-11-23T07:45:01Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1530-
dc.description.abstractPembiasaan membaca Al-Qur’an harus ditanamkan sejak dini. Dengan dilakukan pembiasaan membaca Al-Qur’an ini maka akan membentuk akhlak positif bagi anak serta bacaan Al-Qur’an anak semakin membaik. Seperti ajaran Rasulullah SAW. yaitu melatih membaca Al-Qur’an secara rutin atau berulang-ulang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa SMP Negeri 26 Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis yang digunakan yaitu reduksi data/data reduction, penyajian data/data display, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa implementasi program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa yang diterapkan di SMPN 26 Batam ini bagi siswa di antaranya yaitu: Menciptakan lingkungan sekolah yang bernuansa Islami serta cinta terhadap Al-Qur’an, hati menjadi tenang setelah membaca Al-Qur’an, dan mendapatkan pahala ketika membacanya serta siswa menjadi paham bagaimana membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Alokasi waktu tadarrus Al-Qur’an di sekolah setiap hari pada jam 07.00 sampai dengan jam 07.15. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa adalah masih ada sebagian siswa yang masih terlambat dalam mengikuti kegiatan tadarrus Al-Qur’an di sekolah, serta faktor lingkungan dan latar belakang siswa yang kurang mendukung dalam pelaksanaan tadarrus Al-Qur’an di SMPN 26 Batam. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam pelaksanaan program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa di SMPN 26 Batam yaitu: Mempunyai guru Agama yang bacaan Al-Qur’annya bagus serta guru yang telaten dalam membimbing siswa, peran aktif guru dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan program tadarrus Al-Qur’an siswa, peraturan sekolah yang tegas diberlakukan untuk siswa yang tidak tertib dan antusias siswa lainnyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectProgram Implementationen_US
dc.subjectProgram Pembiasaanen_US
dc.subjectTadarrus Al-Qur’an.en_US
dc.titleImplementasi Program Pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an Siswa SMP Negeri 26 Batamen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
16311731.pdf
  Restricted Access
2.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
16311731_Publik.pdf
  Restricted Access
1.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.