Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1530
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hasanah | - |
dc.contributor.author | Faza Indallah, 16311731 | - |
dc.date.accessioned | 2021-11-23T07:45:01Z | - |
dc.date.available | 2021-11-23T07:45:01Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1530 | - |
dc.description.abstract | Pembiasaan membaca Al-Qur’an harus ditanamkan sejak dini. Dengan dilakukan pembiasaan membaca Al-Qur’an ini maka akan membentuk akhlak positif bagi anak serta bacaan Al-Qur’an anak semakin membaik. Seperti ajaran Rasulullah SAW. yaitu melatih membaca Al-Qur’an secara rutin atau berulang-ulang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa SMP Negeri 26 Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis yang digunakan yaitu reduksi data/data reduction, penyajian data/data display, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa implementasi program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa yang diterapkan di SMPN 26 Batam ini bagi siswa di antaranya yaitu: Menciptakan lingkungan sekolah yang bernuansa Islami serta cinta terhadap Al-Qur’an, hati menjadi tenang setelah membaca Al-Qur’an, dan mendapatkan pahala ketika membacanya serta siswa menjadi paham bagaimana membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Alokasi waktu tadarrus Al-Qur’an di sekolah setiap hari pada jam 07.00 sampai dengan jam 07.15. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa adalah masih ada sebagian siswa yang masih terlambat dalam mengikuti kegiatan tadarrus Al-Qur’an di sekolah, serta faktor lingkungan dan latar belakang siswa yang kurang mendukung dalam pelaksanaan tadarrus Al-Qur’an di SMPN 26 Batam. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam pelaksanaan program pembiasaan tadarrus Al-Qur’an siswa di SMPN 26 Batam yaitu: Mempunyai guru Agama yang bacaan Al-Qur’annya bagus serta guru yang telaten dalam membimbing siswa, peran aktif guru dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan program tadarrus Al-Qur’an siswa, peraturan sekolah yang tegas diberlakukan untuk siswa yang tidak tertib dan antusias siswa lainnya | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Program Implementation | en_US |
dc.subject | Program Pembiasaan | en_US |
dc.subject | Tadarrus Al-Qur’an. | en_US |
dc.title | Implementasi Program Pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an Siswa SMP Negeri 26 Batam | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
16311731.pdf Restricted Access | 2.68 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
16311731_Publik.pdf Restricted Access | 1.22 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.