Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1539
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Dewi Maharani | - |
dc.contributor.author | Ainun Nadhrah, 17311805 | - |
dc.date.accessioned | 2021-11-23T08:18:14Z | - |
dc.date.available | 2021-11-23T08:18:14Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1539 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru terkait sistem pembelajaran tatap muka yang berubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh akibat terjadinya pandemi Covid-19, sehingga sekolah mulai menerapkan model pembelajaran e-learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Puspita Bangsa Ciputat. Sumber data utama penelitian ini adalah guru PAI, siswa-siswi kelas VIII serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Adapun sumber data sekunder adalah buku, jurnal, skripsi. Dan sumber dokumenter berupa hasil penelitian terdahulu, dokumen RPP, dokumen soal, foto, dan audio. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik model Miles dan Huberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat dilihat dari 3 aspek, yaitu perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang diterapkan. (1) Perencanaan xviii kegiatan pembelajaran meliputi pembuatan Rencana Perencanaan Pembelajaran Jarak Jauh (RPPJJ) dan juga menyiapkan suatu media pembelajaran serta komponen-komponennya. (2) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini merupakan implementasi dari RPPJJ yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. semua kegiatan pembelajaran tersebut dijalankan melalui media Google Classroom. (3) kegiatan evaluasi pembelajaran, dilakukan penilaian dengan mengacu pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | E-Learning | en_US |
dc.subject | Pembelajaran PAI | en_US |
dc.subject | Google Classroom | en_US |
dc.title | “Penerapan E-Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” (Studi Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom di SMP Puspita Bangsa Ciputat) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17311805.pdf Restricted Access | 2.54 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17311805_Publik.pdf Restricted Access | 1.32 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.