Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1543
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Shopiyah | - |
dc.contributor.author | Aini Shibyati, 17311840 | - |
dc.date.accessioned | 2021-11-23T08:31:18Z | - |
dc.date.available | 2021-11-23T08:31:18Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1543 | - |
dc.description.abstract | Salah satu lembaga pendidikan di Tangerang Selatan yaitu SMP Negeri 03 memandang keberagaman yang terjadi di SMP Negeri 03 sangatlah berarti dalam mempraktikkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di sekolah tersebut supaya dalam diri peserta didik timbul rasa saling menghargai dan menghormati peserta didik lain yang memiliki keyakinan berbeda. Sekolah ini mempunyai karakteristik khas dalam bertoleransi antar agama dalam pembelajaran PAI dalam setiap hari sebelum masuk pembelajaran dan di hari Jum’at yang diselenggarakan acara beramal maupun acara-acara besar Islam, tetapi tidak pernah menyinggung agama lain. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama siswa untuk mewujudkan kerukunan SMP Negeri 03 Tangerang Selatan dan Untuk mengetahui apa hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama siswa untuk mewujudkan kerukunan di SMP Negeri 03 Tangerang Selatan. Perbedaan dengan penelitian sebelumnya yaitu penelitian ini terfokus pada aplikasi nilai-nilai toleransi keberagamaan pada pembelajaran PAI serta penghambatnya. Metode yang digunakan juga menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan Penelitian deskriptif kualitatif maka peneliti akan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti kejadian dan bertemu langsung dengan responden untuk menggali data dan mengetahui lokasi penelitian, pendekatan ini diharapkan peneliti dapat memperoleh dan menjelaskan kondisi, situasi secara nyata hal-hal yang akan di teliti. Sumber data primer berasal dari wawancara kepada guru pendidikan agama Islam dan beberapa peserta didik yaitu hal-hal yang berkaitan dengan Aplikasi Nilai- Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 03 Tangerang Selatan, sedangkan sumber data sekunder didapatkan melalui studi kepustakaan seperti buku maupun jurnal. Hasil penelitian ini yaitu bentuk upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama di SMPN 03 Tangerang Selatan, yaitu membentuk kelompok diskusi secara acak dan tidak permanen. Selain itu siswa rata-rata mengerti mengenai toleransi dan mengaplikasikannya saat di sekolah dan di rumah, walaupun dari sebagian kecil siswa yang masih belum faham akan mengenai toleransi beragama tetapi sebagian besar telah memahaminya. Kemudian Hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengaplikasikan nilai-nilai toleransi beragama di SMPN 03 Tangerang Selatan adalah guru kurang kreativitas dalam pembelajaran daring dan hanya memberikan pelajaran ataupun tugas hanya dalam via Whatsapp, Google Classroom ataupun e-Learning | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Aplikasi Nilai-Nilai Toleransi | en_US |
dc.subject | Toleransi Beragama | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam. | en_US |
dc.title | Aplikasi Nilai-Nilai Toleransi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 03 Tangerang Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17311840.pdf Restricted Access | 1.2 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17311840_Publik.pdf Restricted Access | 577.13 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.