Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1568
Title: Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI
Authors: Yadih, 212810078
Advisor: M. Dien Madjid
Aziz Fakhrurrozi
Issue Date: 2015
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Motivasi belajar siswa dan profesionalisme guru adalah dua aspek yang penting dalam belajar. Kedua aspek tersebut menyumbang dampak besar bagi hasil belajar siswa. Terdapat hubungan yang tidak bisa dipisahkan dari kedua aspek tersebut dengan hasil belajar PAI di SMPS PGRI I Ciputat Tangerang Selatan Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah: 1Apakah ada hubungan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa. 2Apakah ada relasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajarnya 3Apakah ada hubungan profesionalisme guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar PAI. Penelitian yang telah dilakukan menunjang hipotesa bahwa ada keterkaitan antara ketiga aspek tersebut. Profesionalisme guru berdampak pada hasil belajar siswa. Di samping itu, motivasi belajar dari dalam diri siswa sendiri memiliki pengaruh kuat dalam menentukan hasil belajarnya. Kemudian, jika disejajarkan secara bersamaan, baik profesionalisme guru dan motivasi belajar siswa memiliki realisasi dengan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, teori validitas dan realibilitas adalah yang bisa digunakan. Untuk menguji validitas digunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk mengetahui realibilitas digunakan rumus cronbach alpha. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yang berhubungan dengan statistika sebagai alat pengujiannya. Metode kuantitatif bersendikan pada serangkaian perhitungan statistik melalui kuesioner yang telah diisi oleh responden yang dipilih secara acak (random). Setelah dikumpulkan, maka akan dilakukan pengolahan data yang kemudian diujikan dengan teori yang dipilih, yang disesuaikan dengan pembahasan masalah penelitian. Penulis menggunakan aplikasi SPSS versi 18 untuk mendapatkan hasil perhitungan yang akurat. Hasil penghitungan di atas menjadi bahan analisa. Terdapat tiga rumus statistika yang digunakan untuk menganalisa hasil perhitungan tersebut. Untuk melihat hubungan antar variabel digunakan rumus teknik korelasi sederhana. Kemudian, Untuk melihat korelasi yang maksimal yang diperoleh dari variabel dengan menggunakan rumus tertentu. Dari hasil penelitian ini adalah mendukung hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Ada hubungan antara profesionalisme dengan hasil belajar siswa. Ditemukan juga adanya korelasi motivasi belajar siswa dengan hasil belajar PAI. Kemudian profesionalisme guru dan motivasi belajar secara bersamaan mempunyai hubungan dengan hasil belajar PAI.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1568
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
212810078-Yadih.pdf
  Restricted Access
212810078-Tesis6.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.