Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1569
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Yayah Nurmaliyah | - |
dc.contributor.advisor | Asep Saepudin Jahar | - |
dc.contributor.author | Muhaemin, 214810112 | - |
dc.date.accessioned | 2021-12-04T06:34:25Z | - |
dc.date.available | 2021-12-04T06:34:25Z | - |
dc.date.issued | 2016 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1569 | - |
dc.description.abstract | Menemukan suatu konsep bahwa model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fikih dapat diaplikasikan dengan baik di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal ini sesuai dengan acuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pembelajaran yang lebih menekankan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) melalui pengembangan aktivitas peserta didik seperti: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta. Sedangkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) yang telah diaplikasikan dalam proses pembelajaran fikih di Madradah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diantaranya adalah pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), pembelajaran berbasis proyek (project based learning), dam pembelajaran berbasis penemuan (discovery based learning). Aplikasi model pembelajaran yang berbasis penemuan dan pemecahan masalah ini dipilih karena lebih efektif, interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi terwujudnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik bila dibandingkan dengan model pembelajaran yang konvensional. Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui konsep perubahan dan pengembangan Kurikulum 2013, untuk mengetahui model pembelajaran fikih dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam Implementasi Kurikulum 2013, dan untuk mengetahui sejauh mana aplikasi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penulisan tesis ini dilakukan dengan menggunakan kajian melalui 2 riset (penelitian), yaitu riset perpustakaan (library risearch) dan penelitian lapangan (field research). Kajian melalui riset perpustakaan dilakukan dengan menelaah dan menganalisis beberapa data/dokumen yang mendukung penelitian terkait model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam implementasi Kurikulum 2013. Adapun dalam penelitian lapangan (field research), peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif yang digunakan untuk mengamati tingkat pencapaian sejauh mana aplikasi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific approach) dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran fikih (Studi Deskriptifdi Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) tersebut. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi Kurikulum 2013 | en_US |
dc.subject | Pendekatan Saintifik | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.title | Aplikasi Model Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Fikih (Studi Deskriptif di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
214810112-Muhaemin.pdf Restricted Access | 214810112-Tesis | 5.68 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.