Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1570
Title: | Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Tentang Kata Kerja Melalui Pendekatan Kontekstual |
Authors: | Indra Wijaya, 210810010 |
Advisor: | Ahmad Bahmid Anshori |
Issue Date: | 2012 |
Publisher: | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik/siswa tentang kata kerja melalui pendekatan kontekstual di kelas VI MI.RM Darul Abror . Penelitian dilaksanakan di MI.RM Darul Abror Jl. Camar RT 02/07 No 44B, Kelurahan Jatiraden - Kecamatan Jatisampurna Bekasi. Subjek penelitian adalah peserta didik/siswa kelas VI pada semester II tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model spiral/siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada tiap siklus adalah: Sikus I nilai rata-rata kelas hasil belajar bahasa Arab 7,06. Siklus 2 nilai rata-rata kelas hasil belajar bahasa Arab meningkat menjadi 7,91 dan Siklus 3 nilai rata-rata kelas hasil belajar bahasa Arab meningkat menjadi 8,79. Dengan demikian dari hasil analisis data menyimpulkan terjadi peningkatan data penelitian dan data pemantau, sehingga penelitian ini dianggap berhasil. Pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik/siswa dan skor pemantau tindakan. Sehingga dapat dikatakan semakin kontekstual pembelajaran yang dilaksanakan, maka hasil belajar peserta didik/siswa semakin meningkat. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1570 |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
210810010-Indra Wijaya.pdf Restricted Access | 210810010-Tesis | 4.15 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.