Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1581
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Ahmad Hawasi | - |
dc.contributor.author | Gina Maulida, 17210830 | - |
dc.date.accessioned | 2021-12-20T07:22:57Z | - |
dc.date.available | 2021-12-20T07:22:57Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1581 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas yang terjadi di lingkungan sekitar anak-anak dalam proses menghafal Al-Qur’an. Di zaman sekarang ini banyak anak-anak yang sudah pandai menggunakan gadget, lebih senang bermain-main dan sibuk dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Sehingga akan menyita banyak waktu serta konsentrasi dan bahkan akan mengurangi jumlah waktu kegiatan aktifitasnya yang di antaranya adalah menghafal Al-Qur’an. Apalagi antara lembaga tahfidz dengan sekolah formal dalam lokasi dan lembaga yang berbeda. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana dampak lingkungan terhadap proses menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Al-Mahmudiyah Desa Tembok Kidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analisis, serta menggunakan teori fenomenologi Edmund Husserl. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan anak-anak menjawab bahwa dampak lingkungan memberikan pengaruh terhadap proses menghafal Al-Qur’an. Lingkunga tersebut memberikan dampak yang positif juga negative yang dirasakan oleh anak-anak seperti halnya dalam lingkungan teman bermain ketika melihat banyak teman mereka yang menghafal Al-Qur’an dan teman yang sudah mendapatkan banyak hafalan Al-Qur’annya sehingga akan mempengaruhi hasil dari usaha mereka dalam menghafal Al-Qur’an menjadi bersemangat untuk menghafal. Namun ada juga sisi negatifnya yaitu tidak konsen saat menghafal, lingkungan yang tidak kondusif. Terbukti anak-anak baru menghafalkan Al-Qur’an di dalam kelas sehingga saat anak-anak menyetorkan hafalan kurang lancar | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Dampak Lingkungan | en_US |
dc.subject | Menghafal Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Dampak Lingkungan Terhadap Proses Menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus di Rumah Tahfidz Qur’an Daarul Qur’an Al-Mahmudiyah Desa Tembok Kidul Kabupaten Tegal) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17210830.pdf Restricted Access | 1.86 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17210830_Publik.pdf Restricted Access | 799.42 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.