Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1581
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Hawasi-
dc.contributor.authorGina Maulida, 17210830-
dc.date.accessioned2021-12-20T07:22:57Z-
dc.date.available2021-12-20T07:22:57Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1581-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas yang terjadi di lingkungan sekitar anak-anak dalam proses menghafal Al-Qur’an. Di zaman sekarang ini banyak anak-anak yang sudah pandai menggunakan gadget, lebih senang bermain-main dan sibuk dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Sehingga akan menyita banyak waktu serta konsentrasi dan bahkan akan mengurangi jumlah waktu kegiatan aktifitasnya yang di antaranya adalah menghafal Al-Qur’an. Apalagi antara lembaga tahfidz dengan sekolah formal dalam lokasi dan lembaga yang berbeda. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana dampak lingkungan terhadap proses menghafal Al-Qur’an bagi anak-anak di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Al-Mahmudiyah Desa Tembok Kidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analisis, serta menggunakan teori fenomenologi Edmund Husserl. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan anak-anak menjawab bahwa dampak lingkungan memberikan pengaruh terhadap proses menghafal Al-Qur’an. Lingkunga tersebut memberikan dampak yang positif juga negative yang dirasakan oleh anak-anak seperti halnya dalam lingkungan teman bermain ketika melihat banyak teman mereka yang menghafal Al-Qur’an dan teman yang sudah mendapatkan banyak hafalan Al-Qur’annya sehingga akan mempengaruhi hasil dari usaha mereka dalam menghafal Al-Qur’an menjadi bersemangat untuk menghafal. Namun ada juga sisi negatifnya yaitu tidak konsen saat menghafal, lingkungan yang tidak kondusif. Terbukti anak-anak baru menghafalkan Al-Qur’an di dalam kelas sehingga saat anak-anak menyetorkan hafalan kurang lancaren_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectDampak Lingkunganen_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.titleDampak Lingkungan Terhadap Proses Menghafal Al-Qur’an (Studi Kasus di Rumah Tahfidz Qur’an Daarul Qur’an Al-Mahmudiyah Desa Tembok Kidul Kabupaten Tegal)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17210830.pdf
  Restricted Access
1.86 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17210830_Publik.pdf
  Restricted Access
799.42 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.