Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1589
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUpi Zahra-
dc.contributor.authorIndah Nurseptiani, 17220053-
dc.date.accessioned2021-12-20T07:58:35Z-
dc.date.available2021-12-20T07:58:35Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1589-
dc.description.abstractPenelitian ini berawal dari latar belakang dan eksistensi radio yang sudah jarang ditemukan. Namun, komunitas radio yang menyiarkan seluruh program siaran dengan berbagai nuansa sampai sekarang masih eksis dan memiliki tempat tersendiri di masyarakat, salah satunya yaitu Radio Dakta 107 FM. Tujuan yang hendak diketahui pada penelitian ini ingin mencari tahu bagaimana strategi komunikasi penyiar dalam menarik minat pendengar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan dan implementasi strategi komunikasi penyiar Radio Dakta 107 FM dalam menarik minat pendengar pada program Mar’atus Sholihah serta apa saja hambatan penyiar Radio Dakta dalam menarik minat pendengar. Perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian ini yaitu terletak pada objek dan tempat penelitian, seperti contoh dari skripsi terdahulu yang berjudul Strategi Komunikasi Penyiar Radio Dakwah Islam Semarang dalam Meningkatkan Jumlah Pendengar dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif merupakan metode penelitian dengan cara mengungkapkan, menggambarkan fakta-fakta yang terjadi dari hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer, data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil data kemudian di analisis lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian mengenai Strategi Komunikasi Penyiar Radio Dakta 107 FM Dalam Menarik Minat Pendengar Pada Program Mar’atus Sholihah yaitu strategi komunikasi Radio Dakta bukan hanya menggunakan pendekatan secara emosional kepada para pendengarnya, yaitu dengan menyapa para pendengar dengan kata-kata yang santun, untuk terus eksis mendengarkan program Mar’atus Sholihah, tetapi juga menggunakan beberapa media sosial sebagai strategi kounikasi yang diterapkan oleh Radio Dakta, seperti website, instagram, youtube, dan lain-lain. Dengan demikiain Radio Dakta pada program Mar’atus Sholihah sudah tepat dan efektif, dengan memberikan informasi-informasi ter-update khususnya permasalahan kaum muslimah, seperti amalan anita ketika haid, fiqih kontemporer dan masih banyak lainnya mengenai Sunnah Rasulullah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.subjectPenyiaren_US
dc.titleStrategi Komunikasi Penyiar Radio Dakta 107 FM dalam Menarik Minat Pendengar Pada Program Dakwah Mar’atus Sholihahen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17220053.pdf
  Restricted Access
2.84 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17220053_Publik.pdf
  Restricted Access
1.07 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.