Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1606
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Alfun Khusnia | - |
dc.contributor.author | Safitri Septiani, 17311833 | - |
dc.date.accessioned | 2021-12-29T05:06:52Z | - |
dc.date.available | 2021-12-29T05:06:52Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1606 | - |
dc.description.abstract | Apabila seorang siswa yang sudah bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, tetapi banyak yang tidak memperoleh manfaat ilmu, penyebabnya dikarenakan tidak memperhatikan komponen syarat atau cara-cara ketika sedang belajar. Oleh karena itu, sekolah harus memiliki strategi agar siswa dapat memperhatikan hal-hal tersebut, strategi yang dapat diterapkan dengan mempelajari kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syekh Az-Zarnuji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam pembentukan sikap belajar siswa. Skripsi ini meneliti secara mendalam tentang bagaimana implementasi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam pembentukan sikap belajar siswa di MTs Yasmine Depok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahpendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian metode deskriptif.Penelitian ini berlokasi di sekolah MTs Yasmine Depok. Sumber data utama adalah kepala sekolah, Guru kitab Ta’lim al-Muta’allim, Guru TIK, dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu, teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa sikap belajar siswa setelah mendapatkan mata pelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim diantaranya adalah siswa hormat kepada guru baik di dalam maupun di luar kelas, memahami materi yang diajarkan dengan baik, siswa bersungguh-sungguh dalam belajar, siswa focus saat belajar, semangat dalam mengikuti pelajaran, berani menjawab pertanyaan dari guru, aktif bertanya jika ada yang belum difahami, siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik,siswa tidak keluar kelas atau terlambat ketika pembelajaran sudah dimulai, siswa merasa senang ketika belajar, dan rajin mengerjakan tugas.Adapun hambatan dalam mengembangkan sikap yang ada berasal dari faktor internal siswa dan eksternal siswa | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Implementasi Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Sikap Belajar | en_US |
dc.title | Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim Dalam Pembentukan Sikap Belajar Siswa Di Sekolah MTs Yasmine Depok | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17311833.pdf Restricted Access | 3.17 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17311833_Publik.pdf Restricted Access | 1.65 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.