Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1607
Title: | Penerapan Metode Bernyanyi dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhar 2 Pasar Minggu |
Authors: | Wardah Suhaeri, 17311837 |
Advisor: | Eka Naelia Rahmah |
Issue Date: | 2021 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an yang isinya mayoritas hafalan, pasti akan terasa membosankan apabila pembelajaran hanya disampaikan dengan metode ceramah yang monoton. Sebagai guru yang kreatif tentunya kita tidak ingin murid merasa bosan dengan pembelajaran yang ada, maka dari itu sebisa mungkin kita menggunakan berbagai variasi metode untuk membuat suasana kelas terasa menyenangkan dan pembelajaran tidak terasa membosankan lagi. Dilatarbelakangi dengan masalah ini penulis merasa tertarik untuk membahas mengenai penerapan metode bernyanyi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an di SD Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode bernyanyi dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an, tetapi pada penelitian lain metode ini mampu meningkatkan daya ingat anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu metode bernyanyi merupakan salah satu variasi metode belajar yang dapat digunakan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Al-Qur’an, penerapan dari metode bernyanyi ini dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dan lebih fokus selama pembelajaran berlangsung, hal ini memudahkan siswa untuk menangkap materi yang dibahas dan juga memudahkan siswa dalam menghapal materi. Karena siswa merasa materi menjadi lebih mudah saat dipelajari, hal ini menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1607 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17311837.pdf Restricted Access | 2.27 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17311837_Publik.pdf Restricted Access | 945.72 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.