Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1608
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Siti Istiqomah | - |
dc.contributor.author | Habibillah Nur Amalia, 17311851 | - |
dc.date.accessioned | 2021-12-29T05:23:44Z | - |
dc.date.available | 2021-12-29T05:23:44Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1608 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Taman Qur’an El-Jannah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode Ummi digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di El-Jannah. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana efektifitas penerapan metode Ummi dalam kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak usia 10-15 tahun di Taman Qur’an El-Jannah Jakarta Timur dan apa saja langkah-langkah guru untuk memahamkan suatu materi yang telah dipaparkan kepada murid. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan metode Ummi dalam kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak usia 10-15 tahun di Taman Qur’an El-Jannah Jakarta Timur. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam skripsi penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, data display kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa dalam efektifitas penggunaan metode Ummi diperlukan adanya model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan yang ada di Taman Qur’an El-Jannah. Dengan menggunakan metode klasikal individual dan klasikal baca simak pembelajaran di Taman Qur’an El-Jannah menjadi efektif. Serta dengan adanya para pendidik yang berambisi tinggi hingga menjadikan murid-murid yang bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Ummi | en_US |
dc.subject | Kemampuan Membaca Al-Qur’an | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Efektifitas Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak Usia 10-15 Tahun di Taman Qur’an El-Jannah Pondok Kopi Jakarta Timur | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17311851.pdf Restricted Access | 5.97 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17311851_Publik.pdf Restricted Access | 697.01 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.