Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1613
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nur Aini Zaida | - |
dc.contributor.author | Choiri Inka Firdani, 17320002 | - |
dc.date.accessioned | 2021-12-29T05:57:28Z | - |
dc.date.available | 2021-12-29T05:57:28Z | - |
dc.date.issued | 2021 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1613 | - |
dc.description.abstract | Penerapan berbagai strategi pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk menemukan ramuan yang pas dalam mentransfer pengetahuan kepada Anak Usia Dini (AUD). Penggunaan strategi yang relevan dalam pembelajaran juga akan sangat memberikan pengaruh yang baik terhadap kecerdasan yang dimiliki oleh masing - masing anak dan juga mampu tetap menjaga motivasi belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini berlokasi di KB-RA Raushan Fikr Tangerang Selatan. Penulis membuat kesimpulan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan di KBRA Raushan Fikr Kelompok A selama masa pandemi covid-19 ini adalah strategi pembelajaran langsung dengan dua sistem pembelajaran, yaitu pembelajaran secara online menggunakan aplikasi zoom meeting dan WhatsApp dan juga pembelajaran offline private class. Materi yang dibuat dalam pembelajaran di KB-RA Raushan Fikr kelompok A disesuaikan dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STTPA) yang mencakup aspek perkembangan anak yang mengacu pada Permendikbud No. 137 Tahun Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Metode pembelajaran yang digunakan di KB-RA Raushan Fikr selama pandemi covid-19 adalah metode demonstrasi, metode bercerita, metode bermain, dan juga metode ceramah. Alat belajar atau media pembelajaran yang digunakan kelompok A KB-RA Raushan Fikr juga bermacammacam baik berupa media pembelajaran daring seperti pemanfaatan media elektronik HP/ laptop dengan menggunakan beberapa aplikasi penunjang pembelajaran seperti Zoom Meeting dan WhatsApp dan media luring seperti pemanfaatan media dilingkungan sekitar, lembar kerja, dan lain sebagainya. Media pembelajaran yang digunakan juga berupa media visual dan audio visual. Media visual yang digunakan seperti gambar-gambar angka atau huruf untuk mengenalkan angka atau huruf (flashcard), gambar hewan untuk mengenalkan hewan, LKS cetak, buku kurikulum Raushan Fikr, boneka, dan lain sebagainya. Sedangkan media audio visual yang digunakan dalam pembelajaran seperti pemutaran video edukatif melalui yotube, video tutorial, video animasi yang diputar ketika pembelajaran daring melalui zoom ataupun ketika pembelajaran private class. Teknik evaluasi yang dilakukan di KB-RA Raushan Fikr kelompok A menggunakan observasi dengan catatan harian, unjuk kerja, hasil karya, percakapan, penugasan, portofolio, dan juga catatan anekdot | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Strategi Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pandemi Covid-19 | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.title | Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelompok A Di KB-RA Raushan Fikr Tangerang Selatan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17320002.pdf Restricted Access | 3.28 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17320002_Publik.pdf | 1.08 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.