Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1619
Title: | Implementasi Kebersihan Kelas Terhadap Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa MTs Wujuhul Khair Lebak Wangi |
Authors: | Indah Apriyanti, 17311853 |
Advisor: | Sri Tuti Rahmawati |
Issue Date: | 2021 |
Publisher: | Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Kebersihan seringkali menjadi masalah di sekolah, hal tersebut terbukti banyaknya sampah di lingkungan sekitar kita, kebersihan merupakan cerminan kepribadian seseorang. Ketidakpedulian akan kebersihan lingkungan khususnya di sekolah dapat memperlambat efektifitas belajar, dengan ini, penulis tertarik untuk meneliti terkait implementasi kebersihan kelas terhadap proses pembelajaran agama islam khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Kebersihan Kelas terhadap proses pembelajaran pendidikan agama islam siswa MTs wujuhul khair lebak wangi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dengan sumber data primer dari kepala sekolah, guru serta siswa MTs wujuhul khair. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kebersihan kelas terhadap proses pembelajaran pendidikan agama islam siswa MTs wujuhul khair lebak wangi berjalan belum maksimal. Hasil ini berdampak pada proses pembelajaran di ruang kelas karena suasana kelas yang kotor, berdebu, dan banyak coretan-coretan di dinding kelas, itu yang mengakibatkan proses belajar mengajar berlangsung tidak nyaman |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1619 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
17311853.pdf Restricted Access | 1.81 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
17311853_Publik.pdf Restricted Access | 686.76 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.