Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1654
Title: Pendidikan Anak Perspektif Psikologi dan Pendidikan Islam
Authors: Dewi Maharani
Issue Date: 2018
Publisher: IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melakukan penganalisaan terhadap berbagai aspek pendidikan anak dan menemukan konsep pendidikan anak dalam perspektif psikologi dan pendidikan Islam. Jenis penelitian library research, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama: konsepsi pendidikan anak dalam perspekstif psikologi memiliki empat dimensi utama yaitu, fisik, psikis, spiritual, dan sosio kultural. Pola asuh pendidikan anak harus sesuai dengan kondisi psikologis anak yaitu dengan gaya Autoritatif. Kedua: mendidik dengan perspektif pendidikan Islam, akan menjadikan anak lebih sehat jiwanya yaitu mereka yang memiliki kondisi fisik yang prima, kecerdasan mental intelektual (IQ) yang tinggi, kondisi kesehatan jiwa/kepribadian yang matang dan stabil dalam mental emosionalnya (EQ) mempunyai integritas kepribadian yang tinggi (mental-sosial) dan mempunyai keteguhan iman dan Islam. Ketiga: Peran penting psikologi dalam pendidikan Islam yaitu menjembatani proses penyampaian ilmu pengetahuan agar lebih memperhatikan psikologi masing-masing individu anak atau peserta didik, karena hal ini sangat menetukan keberhasilan orang tua atau pendidik dalam mentransfer ilmu yang diberikan kepada anak-anaknya
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1654
ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online)
Appears in Collections:Artikel, Buku

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1_Pendidikan Anak Sinta 5.pdf
  Restricted Access
374.96 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.