Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1688
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Abdul Halim | - |
dc.contributor.advisor | M. Ubaidillah Al-Ghifary | - |
dc.contributor.author | Syifa Muthmainnah, 219430268 | - |
dc.date.accessioned | 2022-04-29T07:24:53Z | - |
dc.date.available | 2022-04-29T07:24:53Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1688 | - |
dc.description.abstract | Kepemimpinan pendidikan sebagai upaya mengakselerasi pemerataan pendidikan dan kendala yang terjadi dalam pendidikan. Dengan ini kementrian pendidikan dan kebudayaan meluncurkan paradigma baru dalam Merdeka Belajar yaitu Program Sekolah Penggerak. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepemimpinan pendidikan Kepala Sekolah di SD Emirattes Islamic School Bintaro Pesanggarahan dan SDI Al-Azhar 5 Kemandoran Jakarta Selatan sebelum menjadi Sekolah Penggerak dan menganalisa pengembangan kepemimpinan pendidikan kepala sekolah melalui Program Sekolah Penggerak di kua sekolah tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif descriptive research yang berfokus mendeskripsikan perkembangan kepemimpinan pendidikan kepala sekolah sebelum menjadi sekolah penggerak dan pengembangan melalui Program Sekolah Penggerak. Sumber data primer yaitu dokumentasi, wawancara kepala sekolah dan koordinator guru sekolah penggerak. Sumber data sekunder yaitu modul, jurnal, artikel, dan buku. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, 1) kepemimpinan pendidikan kepala sekolah di SD Emirattes Islamic School Bintaro Pesanggrahan dan SDI Al-Azhar 5 Kemandoran sebelum menjadi sekolah penggerak sebagai berikut: a) kepemimpinan mengarah terhadap manajemen administrasi dan pengembangan peserta didik, b) kepala sekolah terlibat sebagai pelaksana kurikulum, c) kepala sekolah tidak melihat perkembangan peserta didik berdasarkan fase, d) kepala sekolah dan guru tidak mendapatkan pendampingan secara langsung dari pengawas sekolah; 2) pengembangan kepemimpinan pendidikan kepala sekolah melalui Program Sekolah Penggerak yaitu: a) kepala sekolah mengembangkan kompetensi diri dan orang lain, b) mempunyai coaching dan mentor dalam pengembangan, c) mewujudkan peserta didik dengan Profil Pelajar Pancasila, d) melibatkan orang tua dan komunitas, d) mengembangkan kepemimpinan pendidikan dengan membangun ekosistem leadership. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pengembangan | en_US |
dc.subject | Kepemimpinan | en_US |
dc.subject | Kepala Sekolah | en_US |
dc.subject | Sekolah Penggerak | en_US |
dc.title | Pengembangan Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah melalui Program Sekolah Penggerak di SD Emirattes Islamic School Bintaro Pesanggrahan dan SDI Al-Azhar 5 Kemandoran Jakarta Selatan | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
219430268-SYIFA MUTHMAINNAH.pdf Restricted Access | 219430268-Tesis | 5 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.