Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1739
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Hasanah, Faza Karimatul Akhlak | - |
dc.date.accessioned | 2022-08-10T04:45:48Z | - |
dc.date.available | 2022-08-10T04:45:48Z | - |
dc.date.issued | 2021-09 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1739 | - |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi Icando dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan mengetahui sejumlah manfaat yang didapatkan guru melalui pengalaman menggunakan aplikasi Icando Sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yakni purposive sampling dengan subjek penelitian adalah guru yang telah memanfaatkan aplikasi Icando dalam proses pembelajaran di saat pandemi Covid-19 dan pihak pengembang aplikasi Icando. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Peneliti mengobservasi kegiatan pembelajaran di PAUD Bintang Ceria dan mewawancarai guru yang terlibat dalam pembelajaran juga mewawancari pihak Icando melalui PT ICD Karya Indonesia sekaligus mendokumentasikan segala hal yang berkaitan dengan rumusan masalah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam pengimplementasian aplikasi Icando Sekolah pada PAUD Bintang Ceria terbagi menjadi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Dalam Perencanaan, RPP dan LPPA sudah tersedia dari pihak Icando dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan sekolah sedangkan manfaat yang dirasakan guru selama menggunakan aplikasi Icando sekolah, pertama dalam sisi input guru merasa lebih dimudahkan dalam pembuatan rancangan pembelajaran dan guru selalu dibimbing dalam dimonitoring perkembangan sekolah mitra dengan mengadakan perkumpulan sebulan sekali. Kedua dalam sisi proses adalah terciptanya suasana belajar yang menyenangkan sehingga anak menjadi lebih aktif dan rajin, memudahkan proses belajar mengajar sehingga materi yang disampaikan tepat sasaran, ketiga, dalam sisi output anak menjadi lebih berani dan terjalinnya komunikasi efektif antar guru dan orang tua terhadap terhadap anak | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | PERNIK Jurnal PAUD | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Vol. 4;No. 1 | - |
dc.subject | Icando | en_US |
dc.subject | Inovasi Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Covid 19 | en_US |
dc.title | PEMANFAATAN APLIKASI ICANDO BAGI GURU SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD BINTANG CERIA JAKARTA PUSAT | en_US |
dc.type | Journal | en_US |
Appears in Collections: | Jurnal |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Jurnal Faza.pdf | 483.3 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.