Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/176
Title: Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII SMP IT Al-Muchtar Bekasi Utara
Authors: Istianna Tafmiro, 11311048
Advisor: Umi Khusnul Khotimah
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Variabel yang menjadi penelitian ini adalah prestasi belajar bahasa Arab siswa, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CTL. Bentuk penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai sample adalah siswa kelas VIII putri SMPIT Al-Muchtar Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utarayang berjumlah 22. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswa setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi belajar bahasa Arab siswa dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Pada pra siklus/tindakan diperoleh rata-rata evaluasi 66,04 (kategori prestasi belajar rendah). Siklus I meningkat menjadi 76,72 (kategori prestasi belajar cukup) dan siklus II diperoleh rata-rata evaluasi 94,72 (kategori prestasi belajar tinggi). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII putri SMPIT Al-Muchtar Kelurahan Perwira Kecamatan Bekasi Utara.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/176
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11311048.pdf
  Restricted Access
1.63 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.