Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1766
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAbdul Halim-
dc.contributor.advisorSyahidah Rena-
dc.contributor.authorRabiatul Adawiyah, 220430303-
dc.date.accessioned2022-08-22T08:04:30Z-
dc.date.available2022-08-22T08:04:30Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1766-
dc.description.abstractTesis ini bertujuan untuk mengetahui penerapan literasi digital terhadap pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dikelas 5 MIN 2 Ciputat Timur Tangerang Selatan dalam ketercapaian aspek kognitif, afektif dan psikomotorik; menganalisa peran literasi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan literasi digital terhadap hasil belajar mata pelajaran tersebut. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan melalui observasi, wawancara dengan pihak terkait dan di dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan literasi digital terhadap pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas 5 MIN 2 Ciputat Timur Tangerang Selatan dalam ketercapaian aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah sangat menarik dan membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, sehingga pembelajaran tersebut tidak monoton bahkan memberikan hasil belajar yang memuaskan bagi peserta didik. 2) Peran literasi digital terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadis sangat penting dalam pembentukan karakter dan tanggung jawab; memberikan pemahaman akan pentingnya literasi digital; pembiasaan penggunaan dan pemanfaatan media digital; menumbuhkan kreativitas dalam pembelajaran; mampu menggunakan aplikasi-aplikasi dalam pembelajaran, dan 3) Adapun faktor pendukung penerapan literasi digital di dalamnya adalah dukungan dari sekolah dengan memberikan pelatihan dan adanya fasilitas sarana prasarana yang memadai, dan faktor penghambatnya adalah koneksi internet bermasalah dan lampu padam.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectLiterasi Digitalen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectAl-Qur’an Hadisen_US
dc.titlePeran Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas 5 MIN 2 Ciputat Timur Tangerang Selatanen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
220430303-Rabiatul Adawiyah.pdf
  Restricted Access
220430303-Tesis3.94 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.