Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1769
Title: Efektifitas Pembiasaan 21 Hari dalam Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) pada Penanaman Pendidikan Karakter Mandiri dan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Era New Normal (Studi Analisis Siswa Sekolah Dasar Hikari Tangerang Selatan)
Authors: Suci Nurmaya Sari, 219430277
Advisor: Syahidah Rena
Pahrurraji
Issue Date: 2022
Publisher: Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan seputar Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Sekolah Hikari yang perlu diketahui serta bagaimana perannya dalam Penanaman Pendidikan Karakter Mandiri dan Karakter Tanggung Jawab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Sumber data primer dan sekunder diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi dengan kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik serta dokumen, buku, gambar, artikel jurnal yang mendukung penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) berjalan dengan baik. Semua pihak turut andil dengan perannya masing-masing, semua pihak tersebut meliputi: Yayasan, kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik. Kedua, efektifitas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) dalam penanaman Pendidikan karakter mandiri dan tanggung jawab berjalan baik, strategi yang digunakan adalah melalui peneladanan, pembiasaan dan motivasi selanjutnya dikemas dalam kegiatan-kegiatan yang meyenangkan dengan bimbingan dan arahan guru dan kepala sekolah serta dalam pengawasan orang tua.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1769
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
219430277-Suci Nurmaya Sari.pdf
  Restricted Access
219430277-Tesis4.73 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.