Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1774
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHendra Kholid-
dc.contributor.authorSiti Sahara Siregar, 15110806-
dc.date.accessioned2022-08-26T08:04:28Z-
dc.date.available2022-08-26T08:04:28Z-
dc.date.issued2019-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1774-
dc.description.abstractSkripsi ini dilatarbelakangi tentang fundraising menjadi salah satu keberlangsungan Lembaga Amil Zakat, keberhasilan fundraising memerlukan adanya strategi yang sesuai perkembangan zaman, yaitu e-commerce. E-commerce saat ini menjadi strategi dalam melakukan fundraising. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitas yaitu metode untuk mengungkapkan dan memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan apa saja dari penelitian. Menganalisi data berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dari praktisi dan ahli e-commerce, dokumentasi, dan observasi langsung menggunakan aplikasi e-commerce yang digunakan Lembaga Amil Zakat. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan pertama LAZ ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat memiliki strategi fundraising yang hampir mirip sama yaitu memanfaatkan sistem e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Shopee dalam menghimpun donasi infak, sedekah, wakaf dari masyarakat. Akan tetapi LAZ ACT, DD, RZ memiliki tujuan program yang berbeda yaitu ACT dibidang sosial dan kemanusiaan, Dompet Dhuafa di bidang kesehatan dan pendidikan, sedangkan Rumah Zakat di bidang pemberdayaan masyarakat. Kedua penerapan strategi fundraising LAZ melalui e-commerce telah berdampak positif terhadap penghimpunan donasi infak, sedekah, wakaf LAZ ACT, DD, RZ yang bersumber dari masyarakat. Faktanya terjadi peningkatan penghimpunan pada setiap e-commerce yang menjual program LAZ ACT, DD, RZ.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectFundraisingen_US
dc.subjectLembaga Amil Zakaten_US
dc.subjectE-commerceen_US
dc.titleAnalisis Strategi Fundaising Lembaga Amil Zakat Melalui Platform "E-Commerce” (Studi Komparatif ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Manajemen Zakat Wakaf

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
15110806.pdf
  Restricted Access
1.89 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
15110806_Publik.pdf1.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.