Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1803
Title: PERSEPSI KEPUASAN KOMUNIKASI ORGANISASI ORANG TUA MURID TERHADAP PEMBELAJARAN TAHFIDZ DI SDIT NUR AL BARKAH CIBAR
Authors: Dewi Kurniasih, 18220073
Advisor: Al Mukarromah
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Kepuasan komunikasi organisasi dalam suatu lembaga sangat ditentukan terhadap kualitas interaksi antar anggota dalam organisasi. Yang mana organisasi merupakan suatu wadah, di mana terdapat sekumpulan orang yang mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama, tentunya dalam hal ini dibutuhkan komunikasi yang baik bagi anggotanya. Seperti halnya Pembelajaran tahfidz di SDIT Nur Al-Barkah, tidak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya komunikasi yang terjalin baik antara guru, murid dan juga orang tua. Sehingga komunikasi yang baik antara orang tua murid dan juga guru merupakan suatu keharusan agar tercapai kesinergian antara keduanya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi kepuasan komunikasi orang tua murid terhadap pembelajaran tahfdz di SDIT Nur Al-Barkah Cibarusah Bekasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sementara sumber data primer adalah orang tua murid SDIT Nur Al-Barkah. Sedangkan sumber data sekunder dari dokumen, buku yang berkaitan dengan penelitian. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 7 poin yang penulis temukan mengenai persepsi kepuasan komunikasi organisasi orang tua murid terhadap pembelajaran tahfidz di SDIT Nur Al-Barkah Cibarusah Bekasi, yaitu: pertama, iklim komunikasi guru memotivasi orang tua dan murid dalam pembelajaran tahfidz sangat baik karena guru selalu memberikan semangat serta apresiasi kepada murid, kedua, komunikasi guru kepada orang tua murid, guru selalu menjadi pendengar yang baik serta selalu memberikan solusi terhadap permasalahan tahfidz, ketiga, sistem pembelajaran tahfidz sudah cukup bagus karena setiap informasi disampaikan secara keseluruhan, keempat, kualitas manajemen komunikasi sudah cukup bagus dan bertanggung jawab, kelima, komunikasi informal dan horizontal antar orang tua dan guru berjalan mengalir serta tidak canggung, keenam, komunikasi orang tua murid kepada guru terjalin baik, orang tua selalu menerima dengan baik setiap instruksi yang diberikan guru, ketujuh, feedback/umpan balik guru yaitu selalu memberikan pujian kepada anak yang berhasil, dan memberikan nasihat serta dorongan ketika ada anak yang belum mencapai target hafalan
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1803
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18220073.pdf
  Restricted Access
3.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.