Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1805
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSaepullah-
dc.contributor.authorMia Andini, 18220095-
dc.date.accessioned2022-09-06T08:20:23Z-
dc.date.available2022-09-06T08:20:23Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1805-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui Sign dalam bentuk dan fungsi, untuk mengetahui bagaimana Objectsebagai referensi dari fikiran dan realitas, untuk mengetahui bagaimana Interpretan sebagai makna dan tanda yang terdapat dalam Iklan Pantene Versi Keanu Agl di Media Youtube. Iklan Pantene yang dibintangi Keanu merupakan produk dari Pantene yakni Miracles Hair Supplement Baru, berdurasi 1:01 menit, di unggah pada tanggal 2 Januari 2022 melalui Youtube, iklan ini berhasil menarik perhatian masyarakat dan sukses ditonton 45juta lebih penonton. Fokus masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui makna dalam iklan Pantene versi Keanu Agl. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan analisis Semiotika Charles Sanders Pierce. Pierce mengemukakan teori segitiga makna yang terdiri dari tiga elemen utama, yakni Sign (Qualisign, Sinsign dan Legisign), Object (Ikon, Indeks, dan Simbol), dan Interpretant (Rheme, Decisign dan Argument). Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi dan dokumentasi, untuk memperoleh data dengan cara melihat, mengamati dan memperhatikan setiap shot dalam Iklan Pantene Versi Keanu Agl di Media Youtube, selanjutnya yaitu meng-screen shoot gambar yang menjadi kebutuhan penelitian. Sumber data terbagi menjadi dua: Pertama, Data Primer dalam penelitian ini diperoleh melalui akun youtube Panten Indonesia dari tayangan Iklan Pantene Versi Keanu Agl. Kedua, Data sekunder yakni buku atau jurnal, internet, dan lain-lain. Hasil penelitian ini, Iklan Pantene Versi Keanu Agl di Media Youtube terdapat 6 tanda yang mengandung makna Sign, Object, Interpretan diantaranya: Rambut, Brand Ambassador, Baterai, Ekspresi, Pakaian, dan Produk Pantene Miracles Hair Supplement Baru. Memiliki makna bahwa rambut yang menandakan mahkota bagi semua orang atau salah satu pelindung untuk kulit kepala, oleh karena itu rambut harus dijaga keindahannya, baik kebersihan maupun kesehatannya dengan men-charged rambut menggunakan produk Pantene terbaru yaitu Miracles Hair Supplement Baru karena pada realitasnya menggunakan sampo saja tidak cukup, sehingga kesehatan dan nutrisi rambut tetap tertajaga. Adapun ekspresi dan pakaian yang dikenakan Brand Ambassador menandakan bentuk pengungkapan atau memperlihatkan perasaan Keanu Agl. Kemudian dengan menggunakan Brand Ambassador Keanu Agl, Pantene mengajak bukan hanya kaum hawa untuk sekedar merawat rambut, Pantene juga mengajak kaum Adam untuk lebih memperhatikan rambut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectSemiotikaen_US
dc.subjectIklanen_US
dc.subjectPanteneen_US
dc.titleMAKNA DAN TANDA DALAM IKLAN PANTENE VERSI KEANU AGL DI MEDIA YOUTUBEen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18220095.pdf
  Restricted Access
1.92 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
18220095_Publik.pdf
  Restricted Access
1.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.