Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1828
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Romlah Widayati | - |
dc.contributor.author | Maulidina Nabila, 18211008 | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-07T08:03:47Z | - |
dc.date.available | 2022-09-07T08:03:47Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1828 | - |
dc.description.abstract | Latar belakang penelitian ini diangkat berdasarkan terhadap respon para santri di pondok pesantren tahfizh Isyroqul Hidayah Tangerang tentang program tahfizh AlQur’an yang sedang dilaksanakan saat ini. Penulis meneliti sejauh mana para santri dapat menerima dan mempraktekkan programprogram yang dilaksanakan di pesantren ini dengan metode sima’i. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan program tahfizh Al-Qur’an dan mengetahui resepsi santri terhadap tahfizh Al-Qur’an di pondok pesantren tahfizh Isyroqul Hidayah. Beberapa kajian pustaka oleh Mamluatun Nafisah (2019), Muhammad Ridwan (2019), Moh. Bahri (2020), Tamala Utami (2020), dan Ummu Hanifah (2021) menggunakan metode penelitian living Qur’an. Adapun perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya terletak pada indikasi permasalahan. Penelitian sebelumnya lebih membahas tentang problematika dalam menghafal Al-Qur’an. Sedang peneliti membahas bagaimana resepsi santri terhadap kegiatan tahfizh yang ada di pondok pesantren tahfizh Isyroqul Hidayah Tangerang serta pelaksanaan tahfizh di pesantren tersebut. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan fenomenologi sebagai landasan dalam menganalisis data yang telah dihimpun melalui teknik dokumentatif. Sumber data primer penelitian penulis adalah hasil pengamatan serta wawancara kepada kepala pesantren Isyroqul Hidayah, 3 orang instruktur tahfizh dan 20 santri pondok pesantren tahfizh Isyroqul Hidayah, Tangerang. Penulis juga menggunakan sumber data sekunder berupa karya literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tahfizh AlQur’an dengan menggunakan metode sima’i di pondok pesantren tahfizh Isyroqul Hidayah, memiliki resepsi fungsional yaitu sebagai upaya pembentukan karakter dan ada para santri untuk menjadi anak yang berakhlakul karimah, cinta Al Qur’an, serta disiplin. Sementara itu, resepsi estetisnya adalah santri membaca Al-Qur’an dengan cara tartil | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Resepsi | en_US |
dc.subject | Tahfizh | en_US |
dc.subject | Santri | en_US |
dc.subject | Isyroqul Hidayah | en_US |
dc.title | RESEPSI SANTRI TERHADAP TAHFIZH AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIZH ISYROQUL HIDAYAH TANGERANG | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18211008.pdf Restricted Access | 1.74 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
18211008_Publik.pdf Restricted Access | 951.33 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.