Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1887
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorUpi Zahra-
dc.contributor.authorRizqi Fauziah, 18220102-
dc.date.accessioned2022-09-27T06:58:46Z-
dc.date.available2022-09-27T06:58:46Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1887-
dc.description.abstractSkripsi ini dilatarbelakangi Komunikasi persuasif pengajar di SDIT Fajrul Islam yang memiliki beberapa problematika yang dihadapi oleh murid dan pengajar diantaranya adalah murid mengalami penurunan fokus ketika pengajar sedang menyampaikan pesan atau pembelajaran sehingga murid dapat salah persepsi terhadap suatu hal. Tidak hanya itu yang dirasakan oleh beberapa pengajar dalam menyampaikan pesan tentunya berbeda melihat aspek pengetahuan dan tingkat intensitas pengajar terhadap murid. Hal ini menjadi suatu tantangan yang harus dihadapi oleh murid dan pengajar agar tercapainya keberhasilan dalam komunikasi persuasif. Dalam hal ini, menjadikan landasan pentingnya menggunakan strategi komunikasi persuasif dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode yang tepat untuk berjalananya komunikasi murid dan pengajar. Pada sekolah SDIT Fajrul Islam menggunakan metode khusus dalam pembelajaran Al-Qur'an yaitu dengan Metode Sedayu dalam meningkatkan kemampuan kualitas membaca dan menghafal Al-Qur’an pada murid. Rumusan Masalah dalam penelitian yaitu bagaimana strategi komunikasi antara murid dan pengajar dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal Al-Qur’an dan metode yang digunakan dalam strategi komunikasi persuasif sehingga memunculkan penghambat dan faktor pendukung strategi komunikasi persuasif pada pengajar. Penelitian terdahulu banyak membahas komunikasi persuasif akan tetapi objek yang diteliti terdapat perbedaan contohnya Strategi Komunikasi Persuasif antara pelatih dengan atlet Taekwondo di SDIT Bina Ilmu. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif, dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi sehingga peneliti bisa mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif pengajar dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal Al-Qur’an di SDIT Fajrul Islam. Analisis yang ditemukan dalam penelitian yaitu strategi komunikasi persuasif pengajar dilakukan dengan tiga tahapan yaitu dimulai dari BTQ (Baca Tulis Qur’an), Munaqosyah, dan Imtihan. Adapun pelaksanaan khusus yang digunakan Metode Sedayu dalam meningkatkan kualitas membaca dan menghafal Al-Qur’an murid adalah dimulai dengan kegiatan menghafal, muroja’ah (mengulang hafalan), penambahan bacaan atau hafalan, simak, klasikal baca mandiri dan klasikal baca simaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKomunikasi Persuasifen_US
dc.subjectStrategi Komunikasi Persuasifen_US
dc.subjectMetode Sedayuen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Persuasif Pengajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Fajrul Islam Jakarta Baraten_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18220102.pdf
  Restricted Access
3.26 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
18220102_Publik.pdf
  Restricted Access
1.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.