Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1891
Title: Strategi Guru Tahfiz dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Muraja’ah Hafalan Al-Quran (Studi Kasus Kelas XII SMA Qur’an Al-Ihsan Boarding School Jakarta Selatan)
Authors: Amriah Fauziah, 219430243
Advisor: Ahmad Dimyati Badruzzaman
Fajar Syarif
Issue Date: 2022
Publisher: Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Guru merupakan ujung tombak dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas. Berhasil atau tidaknya dalam mencapai tujuan pembelajaran tidak lain adalah adanya peran guru yang harus senantiasa maksimal dalam membimbing para siswa. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara mendalam mengenai berbagai strategi dan upaya guru tahfiz di SMA Qur’an Al-Ihsan dalam memberikan motivasi muraja’ah hafalan Al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (Case Studi) dengan fokus mendeskripsikan ‘Strategi dan upaya guru tahfiz dalam meningkatkan Motivasi muraja’ah hafalan. Sumber data primer yaitu wawancara guru tahfiz, para santri, kepala sekolah dan litbang yayasan. Sedangkan sumber data sekunder yaitu jurnal, artikel dan buku-buku yang relevan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Dalam proses pelaksanaan pembelajaran tahfiz di SMA Qur’an Al-Ihsan, strategi pembelajaran yang digunakan guru tahfiz untuk meningkatkan pencapaian mutqin hafalan kelas XII adalah dengan menggunakan strategi dhabit, dan memberikan reward terhadap siswa kelas XII yang mencapai target mutqin hafalan, selain untuk membantu memaksimalkan strategi yang diterapkan guru Tahfiz SMA Qur’an Al-Ihsan didalam menumbuhkan semangat siswa kelas XII dalam muraja’ah hafalan dengan cara: Pertama, memberikan motivasi terhadap siswa disetiap hari sebelum kegiatan pembelajaran Tahfiz dihalaqahnya masing-masing; Kedua, mengevaluasi pencapaian hafalan di depan siswa. Evaluasi ini dilaksankan guna mengetahui pencapaian masing-masing siswa setiap harinya; Ketiga, membersamai mereka saat menyetorkan hafalan, sehingga hasil daripada berbagai strategi yang diterapkan siswa yang mampu mencapai target mutqin hafalan sebanyak 12 Juz hanya mencapai 40 %, tentu saja ini masih banyak siswa kelas XII yang belum mampu memutqin hafalan sebagaimana yang telah di tetapkan sekolah dengan berbagai hambatan yang ada didalam siswa/i itu sendiri.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1891
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
219430243-Amriah Fauziah.pdf
  Restricted Access
219430243-Tesis2.1 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.