Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1897
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAbdul Halim-
dc.contributor.advisorMuh. Ubaidillah Alghifary Slamet-
dc.contributor.authorNeneng Sakinah, 219430261-
dc.date.accessioned2022-10-01T07:44:16Z-
dc.date.available2022-10-01T07:44:16Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1897-
dc.description.abstractTesis ini bertujuan untuk meneliti bagaimana implementasi pendidikan karakter qur’ani di pondok pesantren Al-Qur’aniyah sebagai salah satu pesantren yang fokus mengedepankan pengembangan nilai-nilai karakter qur’ani. Perkembangan era globalisasi menguji lembaga pendidikan khususnya pondok pesantren sebagai garda terdepan dalam menjaga generasi bangsa dari pengaruh budaya luar yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tiga cara yaitu : 1) observasi mengenai implementasi pendidikan karakter qur’ani di Pesantren Al-Qur’aniyah; 2) wawancara, yakni penulis melakukan wawancara kepada pimpinan pesantren, kepala bidang pendidikan, kepala sekolah, musyrif dan wali murid serta santri; 3) dokumentasi, yakni foto dengan nara sumber wawancara, foto saat pembelajaran, buku penghubung, foto kegiatan-kegiatan yang meningkatkan karakter qur’ani di pesantren Al-Qur’aniyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pesantren Al-Qur’aniyah mengimplementasikan dan mengembangkan konsep dan nilai pendidikan karakter qur’ani seperti karakter Tauhid, Iman dan Takwa; Nilai Karakter Qur’ani/ Ahl al-Qur’an; Kejujuran; Kemandirian; Kepedulian Sosial dan Gotong Royong; Kesederhanaan; Kedisiplinan; Patriotisme dan Bela Negara/ Hubbul Wathan; Nilai Kompetitif/ Fastabiq al-khairâh. 2). Implementasi Pendidikan Karakter Qur’ani di Pesantren Al-Qur’aniyah dilakukan dengan pendekatan berbasis kajian dan kelas, ekstrakurikuler, budaya pesantren, dan berbasis masyarakat. 3). Diantara faktor yang mendukung implementasi pendidikan karakter di Pesantren Al-Qur’aniyah antara lain motivasi santri, peran kyai, ustadz, lingkungan Pesantren, daya dukung orangtua, daya dukung sarana dan daya dukung masyarakat. Adapun Faktor yang menghambat impelmentasi pendidikan karakter qur’ani adalah kurangnya motivasi santri; Pergeseran mindset dan sikap orangtua terhadap pesantren; Nilai / lingkungan rumah dan perkembangan teknologi (gadget). 4). Strategi yang dilaksanakan dalam Implementasi pendidikan karakter qur’ani di pesantren Al-Qur’aniyah adalah do’a, keteladanan, pembiasaan, nasihat, musabâqoh, serta reward and punishment. Pendekatan Implementasi pendidikan karakter qur’ani di pesantren Al-Qur’aniyah antara lain melalui moral knowing, moral feeling dan moral doing. 5). Potret hasil implementasi pendidikan karakter Al-Qur’aniyah adalah baik yang tergambar dari testimoni orangtua yang merasa puas dengan perkembangan santri dan capaian prestasi akademik maupun non akademik khusunya dibidang Al-Qur’an baik level nasional maupun internasional.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherProgram Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Karakter Qur’anien_US
dc.subjectPesantrenen_US
dc.titleImplementasi Pendidikan Karakter Qur’ani (Studi Analisis Deskriptif di Pondok Pesantren Al-Qur’aniyah Tangerang Selatan)en_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
219430261-Neneng Sakinah.pdf
  Restricted Access
219430261-Tesis2.76 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.