Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1910
Title: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Di SMK Al-Ikhwaniyah Tangerang Selatan
Authors: Indah Setyowati, 18312007
Advisor: Alfun Khusnia
Issue Date: 2022
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Guru Pendidikan Agama Islam berperan dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an dapat diimplementasikan dalam bentuk pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya di SMK Al-Ikhwaniyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa KELAS XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an siswa di SMK Al-Ikhwaniyah dilakukan dengan cara menjelaskan keutamaan dan manfaat membaca Al-Qur’an, mengunakan metode Qiroati dan hafalan, memberi motivasi dalam membaca Al-Qur’an, memberikan tugas membaca dan menghafal Al-Qur’an ketika di rumah, memberikan hadiah dan pujian kepada siswa yang pandai dan rajin membaca Al-Qur’an. Faktor yang mendukung diantaranya adalah pemberian hadiah dan motivasi, sedangakan faktor penghambat adalah munculnya rasa malas dalam diri siswa dan lingkungan
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1910
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312007.pdf
  Restricted Access
2.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
18312007_Publik.pdf
  Restricted Access
868.64 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.