Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1913
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorReksiana-
dc.contributor.authorPutri Nazela, 18312024-
dc.date.accessioned2022-10-05T05:12:19Z-
dc.date.available2022-10-05T05:12:19Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1913-
dc.description.abstractPada penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran atau gambaran kurikulum tahfizh Al-Qur’an. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum tahfizh Al-Qur’an dan untuk mengetahui bagaimana pencapaian target hafalan Al-Qur’an siswi di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02. Sumber data utama adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum tahfizh, guru tahfizh Al-Qur’an dan beberapa siswi yang telah mencapai target hafalan. Pada sumber kedua penelitian yaitu buku, jurnal, skripsi dan sumber dokumen hasil observasi berupa foto, hasil wawancara berupa catatan lapangan, dokumentasi berupa hasil penelitian terdahulu lalu untuk teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Bahwasanya pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 memiliki 3 aspek yang menjadi acuan dalam menghafal Al-Qur’an yaitu kelancaran, kesesuaian bacaan dengan kaidah ilmu tajwid dan fashahah. Dalam pelaksanaan kurikulum tahfizh memuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum tahfizh. Perencanaan dengan melakukan analisis kebutuhan siswi, harapan masyarakat dan tentunya tujuan dari kurikulum yakni tercapainya target hafalan Al-Qur’an 5 juz untuk tahfizh reguler. Pelaksanaan kurikulum tahfizh dimulai dengan pendataan dan seleksi agar mendapatkan sususan dari pada halaqah tahfizh, pelaksanaan tersebut meliputi kurikulum, sarana pra sarana dan tenaga kependidikan. Evaluasi kurikulum tahfizh terhadap target hafalan dibagi menjadi dua, yaitu penilaian harian dan penilaian semesteran. Adapun metode penilaian terbagi menjadi dua, yaitu metode ummi dan metode tasmi’en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectkurikulum tahfizhen_US
dc.subjecttarget hafalanen_US
dc.subjecttahfizh Al-Qur’anen_US
dc.titleGambaran Kurikulum Tahfizh Al-Qur’an dalam Mencapai Target Hafalan di SMP Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batamen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312024.pdf
  Restricted Access
4.82 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
18312024_Publik.pdf
  Restricted Access
1.57 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.