Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1917
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorEka Naelia Rahmah-
dc.contributor.authorLaelatul Mukharomah, 18312044-
dc.date.accessioned2022-10-05T05:24:02Z-
dc.date.available2022-10-05T05:24:02Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1917-
dc.description.abstractPada zaman yang sudah modern seperti ini menghafal Al-Qur’an merupakan suatu kegiatan yang tidak mudah dilakukan oleh para remaja apalagi ditambah dengan berbagai kegiatan di sekolah. Mereka harus mampu meluangkan waktu untuk menghafal dan muraja’ah Al-Qur’an. Hal ini menjadi tantangan bagaimana peran guru dalam memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru tahfiẓ dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru tahfiẓ dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Bekasi yaitu: peran guru tahfiẓ dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa berjalan dengan efektif setiap waktunya, setiap harinya siswa selalu dibimbing untuk muraja’ah pagi sebelum pembelajaran dimulai, target hafalan yang harus dicapai siswa 1 juz yaitu juz 30, reward atau penghargaan yang diberikan pihak sekolah untuk siswa yang mencapai target hafalan dengan memberikan sertifikat tahfiẓ Al-Qur’an agar siswa lebih termotivasi untuk terus menghafal Al-Qur’an, harapan dan cita-cita untuk kedepannya pada program tahfiẓ Al-Qur’an ini karena memang lembaga yayasan sendiri lembaga Islam jadi lebih mengedepankan program keIslaman seperti hafalan Al-Qur’an minimal juz 30 mereka sudah hafalen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPeran Guru Tahfiẓen_US
dc.subjectMotivasi Menghafalen_US
dc.titlePeran Guru Tahfiẓ Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Bekasien_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312044.pdf
  Restricted Access
2.55 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.