Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1981
Title: | موقف عمر بن الخطاب وبروز جانبه العاطفي في آيات القرآن الكريم )دراسة نفسية قرآنية( |
Authors: | سارة فاتوني علي أصلح, 18211078 |
Advisor: | Muhammad Ulinnuha |
Issue Date: | 2022 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penelitian ini berfokus untuk mengungkap bagaimana keunikan kepribadian Umar Ibn Al-Khattab radhiyallahu 'anhu, dalam hal kecerdasan emosionalnya dalam memahami Al-Qur'an, menerapkannya dan menjadikannya sebagai pedoman hidup. membangun peradaban. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kepribadian emosional pendamping Umar Ibn Al-Khattab, dengan menggunakan pendekatan teori psikologi. Penelitian-penelitian sebelumnya berfokus pada penanganan kecerdasan emosional dalam Alquran dan Sunnah Nabi pada umumnya. menghubungkannya dengan teori-teori emosional. Ini adalah: Teori Emosi Moral dan Teori Cannon-Bard. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan, yang mengambil tafsir Ibnu Ashour, tafsir Syaarawy, kitab Asbab al-Nuzul karya al-Wahidi, dan biografi para khalifah al-Suyuti dari sumber primer. Mekanisme pencapaian metode penelitian untuk penelitian ini adalah melalui metode dokumentasi sejarah, dengan mengumpulkan buku-buku tafsir kontemporer yang terkait dengan penelitian, dan dengan mengacu pada buku-buku biografi yang mengulas kepribadian Umar, dengan beberapa buku psikologi Barat dan Islam. Penelitian ini menggunakan Teori Sentimen Moral Adam Smith dan Teori Cannon-Bard. Berdasarkan hasil penelitian ini, kajian ini membahas dua teori: Pertama, tiga posisi yang berkaitan dengan teori emosi moral, yaitu: persetujuannya di maqam Ibrahim, ayat-ayat Surat Al-Waqi'ah, dan para tahanan penjara. Badar. Dan empat situasi yang dikaitkan dengan teori Cannon-Bard, yaitu: keterpaparan Umar kepada Rasulullah, ayat-ayat Surat Taha, ayat kerudung, dan kesukaannya terhadap ayat Surat Al-Muminun. Kedua, banyaknya emosi bagi Umar, seperti sedih, marah, menangis, heran, heran, dan kasihan, membawanya menuju Islam dan menjadi dasar kurikulum pendidikan Islam. Ketiga, pemahaman Omari tentang Al-Qur’an adalah dengan membaca dunia di sekitarnya melalui Al-Qur’an dengan merenungkannya dan menerapkan apa yang menyertainya |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1981 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18211078.pdf Restricted Access | 1.75 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
18211078_Publik.pdf Restricted Access | 1.12 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.