Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2015
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAhmad Thib Raya, Armai Arief-
dc.contributor.authorNadjematul Faizah-
dc.date.accessioned2022-10-17T08:29:09Z-
dc.date.available2022-10-17T08:29:09Z-
dc.date.issued2022-07-
dc.identifier.issnP-ISSN 1979-2824-
dc.identifier.issnE-ISSN 2655-8459-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2015-
dc.descriptionArtikel sudah sesuai dengan Imrad. Ruang Lingkup dan Kedalaman Pembahasan sudah sesuai dengan tema. Artikel sudah didukung data/informasi yang sesuai. Metodologi penelitian jurnal cukup baik karena terakreditasi shinta 5en_US
dc.description.abstractTujuan pendidikan Qur’ani adalah membina manusia secara pribadi dan kelompok sehingga mampu menjelaskan fungsinya sebagai hamba Allah dan khalifahnya, guna membangun dunia ini sesuai dengan konsep yang ditetapkan Allah SWT, atau dengan kata yang lebih singkat dan sering digunakan oleh al-Qur’an, untuk bertakwa kepadaNya. Sasaran pendidikan adalah peserta didik, oleh karena itu kegiatan pendidikan berkewajiban memberikan peluang untuk dapat mengikuti keberlangsungan semua aktivitas pendidikan dengan tidak memilah-milah peserta didik berdasarkan tingkat kecerdasan dan latar belakang status sosialnya. Sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang potensial dan fungsional untuk mengangkat tingkat kesejahteraan dirinya di masyarakat. Kajian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan menjadikan sejumlah hasil kajian para peneliti terdahulu sebagai sumber data utamanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam literatur Arab ada beberapa istilah yang ditemui, yang sering digunakan untuk menunjukkan pengertiannya pada peserta didik seperti; thalib, murid, tilmidz, al-mudarris, murabba, dan thifli. Dalam membicarakan peserta didik, ada dua hal yang penting untuk diperhatikan oleh pendidik. Pertama, hakikat anak didik selaku manusia sehingga proses pendidikan dapat menciptakan manusia yang dapat mendayaguakan semua potensi yang dimilikinya secara maksimal. Kedua, kebutuhan anak didik yang diantaranya kebutuhan untuk memiliki kecakapan hidup dan etika atau akhlaq dalam menjalankan roda kehidupannyaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherISTIGHNAen_US
dc.relation.ispartofseriesVol. 5;No 2-
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectPeserta Didiken_US
dc.titleTELAAH PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Tela’ah Tematik Al-Qur’an)en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Peer Review

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
02. Telaah peerta didik danlam perspektif islam.pdf348.92 kBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.