Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2053
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorHasanah-
dc.contributor.authorGhina Nabila Yusuf, 18320013-
dc.date.accessioned2022-10-26T03:48:48Z-
dc.date.available2022-10-26T03:48:48Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2053-
dc.description.abstractKecerdasan emosional menjadi sangat penting dewasa ini, karena memiliki dampak yang baik bagi kesuksesan seseorang. Kecerdasan emosional ini harus dibentuk sejak anak usia dini untuk membantunya bersosialisasi dengan orang lain dan menjalani hidupnya dengan baik. Namun, anak usia dini tidak mampu mengelola emosinya sendiri tanpa bantuan dari orang tua. Maka dari itu, peran orang tua menjadi sangat penting dalam perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Tetapi, tidak semua orang tua mampu menjalankan tugasnya sebagai orang tua, seperti halnya anak TKW di MDTA Raudlatul Muta’allimin yang hampir semuanya tinggal dengan extended family-nya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran extended family dalam perkembangan kecerdasan emosional anak TKW usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari MDTA Raudlatul Muta’allimin. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini mengungkapkan bahwa peran yang dilakukan oleh extended family I menjadikan perkembangan kecerdasan emosional I berkembang dengan baik. Di sisi lain peran yang dilakukan oleh extended family A menjadikan perkembangan kecerdasan emosional A berkembang dengan baik melalui kebebasan bemain yang diberikan kepada A. Sedangkan dampak dari peran extended family I menjadikan perkembangan kecerdasan emosional I berkembang baik dan mempu bersosialisasi dengan baik di lingkungannya, namun dampak dari peran extended family A menyebabkan ia belum memahami peraturan dan tata krama di sekitarnya, meskipun ia memiliki kemampuan sosial yang cukup tinggi terhadap teman-temannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectExtended Familyen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titlePeran Extended Family dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Ta hun (Studi Kasus terhadap Anak TKW di MDTA Raudlatul Muta’allimin Jawa Barat)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18320013.pdf
  Restricted Access
2.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
18320013_Publik.pdf1.42 MBAdobe PDFView/Open


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.