Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2053
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Hasanah | - |
dc.contributor.author | Ghina Nabila Yusuf, 18320013 | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-26T03:48:48Z | - |
dc.date.available | 2022-10-26T03:48:48Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2053 | - |
dc.description.abstract | Kecerdasan emosional menjadi sangat penting dewasa ini, karena memiliki dampak yang baik bagi kesuksesan seseorang. Kecerdasan emosional ini harus dibentuk sejak anak usia dini untuk membantunya bersosialisasi dengan orang lain dan menjalani hidupnya dengan baik. Namun, anak usia dini tidak mampu mengelola emosinya sendiri tanpa bantuan dari orang tua. Maka dari itu, peran orang tua menjadi sangat penting dalam perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Tetapi, tidak semua orang tua mampu menjalankan tugasnya sebagai orang tua, seperti halnya anak TKW di MDTA Raudlatul Muta’allimin yang hampir semuanya tinggal dengan extended family-nya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran extended family dalam perkembangan kecerdasan emosional anak TKW usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh dari MDTA Raudlatul Muta’allimin. Sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini mengungkapkan bahwa peran yang dilakukan oleh extended family I menjadikan perkembangan kecerdasan emosional I berkembang dengan baik. Di sisi lain peran yang dilakukan oleh extended family A menjadikan perkembangan kecerdasan emosional A berkembang dengan baik melalui kebebasan bemain yang diberikan kepada A. Sedangkan dampak dari peran extended family I menjadikan perkembangan kecerdasan emosional I berkembang baik dan mempu bersosialisasi dengan baik di lingkungannya, namun dampak dari peran extended family A menyebabkan ia belum memahami peraturan dan tata krama di sekitarnya, meskipun ia memiliki kemampuan sosial yang cukup tinggi terhadap teman-temannya. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Extended Family | en_US |
dc.subject | Kecerdasan Emosional | en_US |
dc.subject | Anak Usia Dini | en_US |
dc.title | Peran Extended Family dan Implikasinya Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Ta hun (Studi Kasus terhadap Anak TKW di MDTA Raudlatul Muta’allimin Jawa Barat) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18320013.pdf Restricted Access | 2.32 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
18320013_Publik.pdf | 1.42 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.