Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2059
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorReksiana-
dc.contributor.authorIsna Maulidya, 17311856-
dc.date.accessioned2022-10-26T04:19:14Z-
dc.date.available2022-10-26T04:19:14Z-
dc.date.issued2021-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2059-
dc.description.abstractDalam perspektif Islam, secara teoretik pendidikan karakter telah ada sejak Islam diturunkan di dunia, seiring dengan diutusnya Nabi Muhammad SAW untuk memperbaiki atau menyempurnakan akhlak (manusia). Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “aku diutus untuk menyempurnakan akhlak-akhlak mulia” (HR. Malik, Hakim dan Baihaqi). Pendidikan karakter di pesantren lebih kepada penerapan pendidikan yang membangun karakter para santri dengan akhlakul karimah atau karakter keislaman, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Permasalahannya meskipun santri di Pondok Pesantren Umar bin Khatab Plus Gunung Salak, Bogor telah mendapatkan pendidikan karakter masih saja ada santri yang berperilaku kurang baik seperti kurang disiplin, dan terkadang keluar asrama tanpa izin. Hal ini tentulah mengindikasikan bahwa penerapan pendidikan karakter belum berjalan dengan baik dan efektif sehingga akhlak santri perlu ditingkatkan agar memiliki akhlakul karimah sesuai ajaran Al-Qur‟an dan hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Fitrah terhadap Akhlak Santri Pada Pondok Pesantren Umar bin Khatab Plus Gunung Salak, Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah santri kelas VII, VIII dan IX Pondok Pesantren Umar bin Khatab Plus Gunung Salak, Bogor yang berjumlah 241 orang, dengan menggunakan rumus Taro Yamane diperoleh sampel sebanyak 70 orang. Teknik pengumpulan data digunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik regresi linear sederhana. Hasil penelitian diketahui: (1) Pendidikan karakter berbasis fitrah berpengaruh signifikan terhadap akhlak santri pada Pondok Pesantren Umar bin Khatab Plus Gunung Salak, Bogor karena nilai thitung > ttabel. Pengaruh pendidikan karakter berbasis fitrah terhadap akhlak santri dapat dikatakan Sangat Kuat, diperoleh nilai korelasi (r) = 0,834, (2) Besaran prosentase pengaruh pendidikan karakter berbasis fitrah terhadap akhlak santri pada Pondok Pesantren Umar bin Khatab Plus Gunung Salak, Bogor diperoleh nilai Koefisien Determinasi (KD) = 0,695 atau 69,5%. Artinya, pendidikan karakter berbasis fitrah mampu mempengaruhi akhlak santri di Pondok Pesantren Umar bin Khatab Plus Gunung Salak, Bogor sebesar 69,5% dan sisanya sebesar 30,5% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengaruh Pendidikan Karakter Berbasis Fitrah terhadap Akhlak Santri di Pondok Pesantren Umar bin Khatab Plus Gunung Salak, Bogor terbukti signifikan karena nilai thitung > ttabel.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Karakter Berbasis Fitrahen_US
dc.subjectAkhlaken_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS FITRAH TERHADAP AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN UMAR BIN KHATAB PLUS GUNUNG SALAK, BOGORen_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
17311856.pdf
  Restricted Access
2.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
17311856_Publik.pdf
  Restricted Access
1.15 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.