Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2066
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Syaidah Rena | - |
dc.contributor.author | Khoirun Nisa, 18311916 | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-26T04:56:04Z | - |
dc.date.available | 2022-10-26T04:56:04Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2066 | - |
dc.description.abstract | Penerapan metode takrir dalam memantapkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri yaitu sebagai salah satu cara untuk menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an dari kelupaan dengan mengunakan metode takrir yang diterapkan di pondok pesantren Dar el Fikr. Metode takrir di pondok pesantren Dar el Fikr mempunyai kegiatan rutin, baik dari kegiatan takrir harian, kegiatan takrir mingguan dan kegiatan takrir bulanan, semua kegiatan takrir tersebut bertujuan untuk menjaga hafalan Al-Qur’an, baik hafalan baru mauapun hafalan yang sudah pernah dihafalakan dan disetorkan kepada guru tahfiz Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode takrir, efektivitas penerapan metode takrir serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode takrir dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri di pondok pesantren Dar el Fikr Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data primer diperoleh dari teknik observasi lapangan dan wawancara kepada 10 orang responden yang terdiri dari 2 orang wali santri, 4 orang santri, 3 orang guru tahfiz dan 1 orang pengasuh pondok pesantren Dar el Fikr. Sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan tulisan ilmiah lainnya yang mendukung teori dalam penelitian. Sumber data dokumenter diperoleh dari, catatan lapangan seperti, chat whatsApp dan foto yang diambil selama observasi berlangsung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa usaha secara ketat dan istiqomah dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Dar el Fikr, mempunyai kegiatan sebagai berikut yaitu: kegiatan harian, mingguan dan kegiatan bulanan yang bertujuan untuk kelancaran hafalan baik hafalan baru ataupun hafalan yang sudah pernah dihafalkan, metode takrir ini terbilang efektif diterapkan di Pondok Pesantren Dar el Fikr, dengan semua kegiatan-kegiatan yang bisa membatu para santri dalam kelancaran hafalan Al-Qur’an, selain diterapkan dengan rutin dengan berbagai teknik, mentakrir hafalan juga diujikan kepada guru penguji tahfiz sesuai dengan maqra’ yang ingin diujikan oleh para santri, Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode takrir dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri dipondok pesantren Dar el Fikr Serua Depok yaitu: faktor pendukung, (a) Guru tahfiz merupakan sebuah fasilitator dalam mengontrol dan menyima’ xx hafalan santri serta kegiatan santri, (b) Lingkungan menghafal yang kondusif dan motivasi dari orang tua, teman yang membangun semangat dalam menghafal. Adapun faktor penghambat ialah sebagai berikut: (a) Kondisi santri yang meliputi, malas, rasa ngantuk berlebihan, susah untuk menyesuaikan kegiatan pribadi dengan kegiatan pesantren serta menurunya semangat dalam menghafal Al-Qur’an, (b) Minimnya tenaga pengajar seperti guru tahfiz serta keterbatasan waktu. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Penerapan Metode Takrir | en_US |
dc.subject | Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Dar el Fikr Serua Depok | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18311916.pdf Restricted Access | 1.84 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
18311916_Publik.pdf Restricted Access | 808.86 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.