Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2068
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Shopiyah-
dc.contributor.authorMaulida Yunita Rahmah, 18311920-
dc.date.accessioned2022-10-26T05:01:06Z-
dc.date.available2022-10-26T05:01:06Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2068-
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi dengan waktu pembelajaran yang tidak seperti pelajaran umum lainnya yaitu pada malam hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMAQ Al-Ihsan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di SMAQ Al-Ihsan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Sumber data primer penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan kepala sekolah SMAQ Al-Ihsan, guru Pendidikan Agama Islam dan empat orang siswi SMAQ Al-Ihsan. Adapun sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa dokumentasi-dokumentasi yang diambil langsung ketika penulis observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam pada malam hari SMAQ al-Ihsan Pasar Minggu Jakarta Selatan sudah cukup efektif, terlihat dari beberapa indikator yang telah tercapai, yaitu pertama indikator dalam segi mutu atau kualitas. Kedua, indikator kesesuaian tingkat pengajaran. Ketiga, indikator insentif, dan yang terakhir indikator waktu. Walaupun SMAQ al-Ihsan sudah mencapai indikator efektivitas pembelajaran, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, baik dari segi pendidik dan peserta didik. Hasil pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada malam hari sudah cukup baik. Hal ini dapat terlihat dari tercapainya indikator hasil belajar peserta didik dan nilai akhir yang di atas rata-rata. Selain itu dilihat dari outcome-nya SMAQ al-Ihsan mampu bersaing dengan peserta didik umum lainnya. Salah satunya SMAQ al-Ihsan berhasil masuk perguruan tinggi negeri baik di dalam maupun di luar negeri.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectefektivitasen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectpembelajaran malam harien_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titleEfektivitas Kesesuaian Waktu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus SMAQ al-Ihsan Pasar Minggu Jakarta Selatan)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18311920.pdf
  Restricted Access
2.03 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
18311920_Publik.pdf
  Restricted Access
949.38 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.