Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2070
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorSiti Rohmah-
dc.contributor.authorNisa Aulia Hikmah Hariyanto, 18311924-
dc.date.accessioned2022-10-26T05:07:07Z-
dc.date.available2022-10-26T05:07:07Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2070-
dc.description.abstractPembelajaran dikatakan efektif apabila guru berhasil mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Melalui pembelajaran Al-Qur’ an Hadits, dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap ayat Al-Qur’ an maupun Hadits-hadits yang telah dipelajari. Pelajaran Al-Qur’ an Hadits di MTs YASTI 3 Cisaat Sukabumi juga diharapkan dapat mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’ an siswa kelas VIII B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Al-Qur’ an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’ an Siswa, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’ an dan untuk mengetahui upaya guru Al-Qur’ an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’ an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’ an Hadits, siswa kelas VIII B dan buku-buku serta jurnal terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut: Pembelajaran Al-Qur’ an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’ an siswa kelas VIII B MTs YASTI 3 Cisaat Sukabumi dapat dikatakan efektif karena memenuhi indikator pembelajaran efektif. Faktor pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’ an di MTs YASTI 3 Cisaat Sukabumi adalah tersedianya buku paket, LKS, Al-Qur’ an dan buku Iqra untuk siswa, adanya kelas tambahan belajar membaca Al-Qur’ an dan pesantren tahfizh Al-Qur’ an. Faktor penghambatnya yaitu, kondisi kelas yang sering tidak kondusif, lemahnya pemahaman siswa terhadap materi tajwid juga kurangnya dukungan dari orang tua siswa. Upaya yang dilakukan guru Al-Qur’ an Hadits MTs YASTI 3 untuk mengatasinya adalah dengan mengefektifitaskan jam pelajaran Al-Qur’ an Hadits, menggunakan metode pelajaran yang bervariatif dan selalu memberikan motivasi dan semangat untuk siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectAl-Qur’ anen_US
dc.titleEfektivitas Pembelajaran Al-Qur’ an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’ an Siswa Kelas VIII B MTs YASTI 3 Cisaat Sukabumien_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18311924.pdf
  Restricted Access
2.7 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
18311924_Publik.pdf
  Restricted Access
1.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.