Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2103
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorKurnia Akbar-
dc.contributor.authorUsmayanti Nur Haliza, 18312033-
dc.date.accessioned2022-10-26T08:08:36Z-
dc.date.available2022-10-26T08:08:36Z-
dc.date.issued2022-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2103-
dc.description.abstractPendidikan agama islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh peserta didik yang beragama islam agar peserta didik mampu mengatahui, memahami, serta mengamalkan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan pembelajaran SMA Arrahman menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jigsaw adalah suatu struktur multifungsi struktur kerjasama belajar. Pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat kelompok asal dan kelompok ahli. Kelompok asal, yaitu kelompok induk siswa yang beranggotakan siswa dengan kemampuan, jenis kelamin dan latar belakang keluarga yang beragam. Kelompok ahli, yaitu kelompok siswa yang terdiri dari anggota kelompok asal yang berbeda ditugaskan untuk mempelajari dengan topiknya untuk kemudian dijelaskan kepada anggota kelompok asal. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses penerapan metode Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Arrahman Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam skripsi ini dengan melakukan observasi ke sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan siswa di SMA Arrahman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PAI-BP kelas X di SMA Arrahman dengan berdiskusi/kerja kelompok, prensetasi dan tutoring teman sebaya berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan hasil belajar karna secara keseluruhan hasil belajar siswa berada diatas nilai rata-rata.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherInstitut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPembelajaran Jigsawen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas X Di SMA Arrahman Depoken_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18312033.pdf
  Restricted Access
2.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
18312033_Publik.pdf
  Restricted Access
1.01 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.