Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2103
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Kurnia Akbar | - |
dc.contributor.author | Usmayanti Nur Haliza, 18312033 | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-26T08:08:36Z | - |
dc.date.available | 2022-10-26T08:08:36Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2103 | - |
dc.description.abstract | Pendidikan agama islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh peserta didik yang beragama islam agar peserta didik mampu mengatahui, memahami, serta mengamalkan ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan pembelajaran SMA Arrahman menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jigsaw adalah suatu struktur multifungsi struktur kerjasama belajar. Pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat kelompok asal dan kelompok ahli. Kelompok asal, yaitu kelompok induk siswa yang beranggotakan siswa dengan kemampuan, jenis kelamin dan latar belakang keluarga yang beragam. Kelompok ahli, yaitu kelompok siswa yang terdiri dari anggota kelompok asal yang berbeda ditugaskan untuk mempelajari dengan topiknya untuk kemudian dijelaskan kepada anggota kelompok asal. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses penerapan metode Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMA Arrahman Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam skripsi ini dengan melakukan observasi ke sekolah, wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama islam dan siswa di SMA Arrahman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran PAI-BP kelas X di SMA Arrahman dengan berdiskusi/kerja kelompok, prensetasi dan tutoring teman sebaya berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan hasil belajar karna secara keseluruhan hasil belajar siswa berada diatas nilai rata-rata. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Jigsaw | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas X Di SMA Arrahman Depok | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18312033.pdf Restricted Access | 2.65 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
18312033_Publik.pdf Restricted Access | 1.01 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.