Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2108
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Eka Naelia Rahmah | - |
dc.contributor.author | Mega Nurul Rahma, 18312045 | - |
dc.date.accessioned | 2022-10-26T08:23:51Z | - |
dc.date.available | 2022-10-26T08:23:51Z | - |
dc.date.issued | 2022 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2108 | - |
dc.description.abstract | Pada dasarnya pendidikan merupakan segala situasi dalam hidup yang mempengaruhi pertumbuhan seseorang. Pendidikan adalah pengalaman belajar. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah metode pembelajaran. Pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) tepatnya ketika guru sedang menyampaikan materi-materi PAI terdapat beberapa materi yang harus dihafal, oleh karena itu adanya metode bernyanyi salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif membuat siswa menjadi lebih antusias dalam belajar dan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 SD pada mata pelajaran PAI di SD Al Wathoniyah 9 Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif . dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis lakukan ini yaitu metode bernyanyi merupakan salah satu dari beberapa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI di SD Al Wathoniyah 9 Jakarta, adanya penerapan metode bernyanyi tersebut dalam pembelajaran PAI dapat membuat siswa lebih tertarik dan lebih antusias dalam belajar ketika pembelajaran di kelas. Hal ini dapat memudahkan siswa untuk memahami materi yang sedang dijelaskan oleh guru di kelas dan juga dapat memudahkan siswa untuk mengingat dan menghafal materi-materi pembelajaran yang sudah dijelaskan sebelumnya oleh guru di dalam kelas. Karena siswa merasa pembelajaran lebih menyenangkan ketika di kelas dan siswa merasa lebih mudah saat memahami materi PAI, hal tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa sehingga siswa menjadi lebih bersungguh-sungguh dan giat lagi ketika pembelajaran di kelas. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Metode Bernyanyi | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam (PAI) | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar, | en_US |
dc.title | Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SD Pada Mata Pelajaran PAI di SD Al Wathoniyah 9 Jakarta | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
18312045.pdf Restricted Access | 2.38 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
18312045_Publik.pdf Restricted Access | 1.05 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.