Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/217
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorArmai Arif-
dc.contributor.advisorAsep Saepudin Jahar-
dc.contributor.authorAgus M. Irsyad, 211810039-
dc.date.accessioned2019-11-18T09:06:48Z-
dc.date.available2019-11-18T09:06:48Z-
dc.date.issued2015-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/217-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk manganalisis dan mengetahui pengaruh Media Pembelajaran (X1) dan Motivasi Belajar Siswa (X2) terhadap Hasil Belajar Geografi (Y). Hipotesis yang diuji adalah: (1) hasil belajar Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan Media Pembelajaran Program Aplikasi Google Earth lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran konvensional, (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Geografi, (3) Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi. hasil belajar Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Program Aplikasi Google Earth lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan media pembelajaran konvensional, (4) Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, hasil belajar Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan Media pembelajaran konvensional lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Program Aplikasi Google Earth. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan rendah. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitasi instrument hasil belajar Geografi mempunyai Alpha Cronbach rii = 0.944, dan motivasi belajar siswa mempunyai Alpha Cronbach rii = 0.956. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Hasil belajar Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan media Program Aplikasi Google Earth lebih tinggi dari pada hasil belajar Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan media konvensional. Dari hasil penelitian dengan menggunakan ANAVA dua jalur diperoleh harga Fhitung lebih dari harga Ftabel yaitu 7.392 > 4,04 dengan menggunakan α = 0,05. 2. Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh harga Fhitung lebih dari Ftabel yaitu 43.331 > 4,04 pada taraf signifikansi 0,05. 3. Pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi, hasil belajar Geografi siswa diajar dengan menggunakan media Program Aplikasi Google Earth lebih tinggi dari pada hasil belajar Geografi siswa yang diajar dengan media pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji t-dunnet diperoleh harga thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 6.577 > 2.682 dengan demikian Ho ditolak. Dan pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah. Hasil belajar Geografi siswa yang diajar dengan menggunakan Program Aplikasi Google Earth lebih tinggi dari pada hasil belajar Geografi siswa diajar dengan menggunakan media konvensional. Ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji lanjut dengan menggunakan uji t-dunnet diperoleh harga thitung lebih besar dari pada harga ttabel yaitu 2.732 > 0.013 dengan demikian Ho ditolak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan atau referensi bagi ilmu pengetahuan, khususnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Geografi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.titleAnalisa Pengaruh Media Pembelajaran Program Aplikasi Google Earth Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajaren_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Agus M. Irsyad (211810039).pdf
  Restricted Access
Tesis-2118100394.27 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.