Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2190
Title: | Penanaman Pendidikan Karakter Religius dalam Kitab Miftah dari As-Sa’adah wa Mansyuru Wilayah Al ‘Ilmi wa Al Iradah |
Authors: | Riyad Al Aziz, 219430276 |
Advisor: | Ahmad Dimyati Badruzzaman Muh. Ubaidillah Alghifary Slamet |
Issue Date: | 2022 |
Publisher: | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Tesis ini bertujuan untuk mengungkpan kurikulum pendidikan karakter religius di dalam buku Miftāh dāri as-Sa’ādah, yang didalamnya terdapat tujuan pendidikan karakter religius, metode pendidikan dan evaluasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Kepustakaan (library research) dengan menggunakan data primer Miftāh dāri as-sa’ādah. Hasil penelitian ini yaitu: Dalam kitab Miftah Dâris Sa'âdah wa Mansyuru Wilayah Al ‘ilmi wa Al irâdah terdapat unsur-unsur kurikulum pendiddikan: yang pertama Tujuan pendidikan yaitu, mengajarkan atau menanamkan karakter religius kepada murid disertai atau didasari dengan ilmu agama, dengan menjadikan Allah sebagai satu-satunya yang berhak dan wajib untuk disembah, itu merupakan dari ciri-ciri ilmu yang bermanfaat. Yang kedua Metode yaitu dengan Kisah, Pujian, Ganjaran, tarhib dan targhib, dan Tadabbur metode-metode ini semua merupakan sebuah jalan untuk memperbaiki karakter manusia sehingga memiliki kunci kebahagiaan didunia dan akhirat. Yang ketiga: evaluasi yaitu, berupa aspek kognitif berupa senantiasa belajar dan berfikir, dan berupa aspek afektif dan aspek psikomotorik berupa sikap beramal sholih sesuai ilmu dan hatinya selalu terikat dengan Sang Pencipta yaitu Allah SWT. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2190 |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
219430276-Riyad Al Aziz.pdf Restricted Access | 219430276-Tesis | 1.57 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.