Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2195
Title: | Implementasi Ijma’ Al-Mufassirin di Indonesia (Studi Analisis Kitab Tafsir Indonesia Abad Pertengahan) |
Authors: | Siti Eva Zulfa, 219410899 |
Advisor: | Muhammad Azizan Fitriana Ahmad Syukron |
Issue Date: | 2022 |
Publisher: | Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Penyimpangan dalam Tafsir hampir selalu ditemukan dalam setiap zaman sejak wafatnya Rasulallah dan para sahabat. Berbagai penyimpangan itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti kontaminasi dari israiliyat, dangkalnya pengetahuan bahasa dan keilmuwan tafsir, juga subjektifitas yang ditunggangi kepentingan pribadi atau kelompok. Akibat dari penyimpangan tersebut, muncullah pemahaman yang keliru, pendapat yang menyeleweng, bahkan kelompok aliran yang menyimpang jauh dari dasar agama. Hal ini terjadi di beberapa tempat termasuk di Indonesia. Mempertimbangkan hal tersebut, diperlukan kajian khusus mengenai rumusan penafsiran yang telah disepakati oleh para mufasir terdahulu (ijma‘ al-Mufassirin). Hal ini ditujukan agar penafsiran dari generasi terbaik itu tidak diabaikan begitu saja serta menjadi pedoman yang kuat dalam menghadapi gempuran problematika zaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi konsep ijma‘ al-Mufassirin dalam kitab Irsyad ad-Darisin karya Afifuddin Dimyati dan implementasi ijma‘ al-Mufassirin dalam lima kitab Tafsir Indonesia. Karena merupakan penelitian Pustaka (library research), segala data dikumpulkan dengan cara menelaah berbagai literatur yang berhubungan dengan topik penelitian. Adapun objek utama dalam penelitian ini adalah pandangan Kitab Tafsir Marah Labid, Raudhatul ’irfan, Al-Ibriz, Al-Azhar dan Tafsir Kemenag mengenai ayat-ayat yang mengandung ijma‘ al-mufassirin. Kesimpulan dalam penelitian ini merumuskan dua sikap mufasir Indonesia dalam menanggapi ijma‘ al-mufassirin. Sikap pertama adalah menyetujui ijma‘ dengan mengutipnya di dalam penafsiran. Hal ini terlihat dari kekompakan lima mufasir Indonesia dalam menafsirkan QS. Al-Baqarah[2]: 144, QS. Al-Baqarah[2]: 180, QS. Al-Baqarah[2]: 228, serta QS. Al-Baqarah[2]: 286. Sedangkan sikap kedua adalah tidak mengutipnya. Sikap ini ditunjukkan Ahmad Sanusi pada saat menafsirkan QS. Al-Baqarah[2]: 34, juga Tafsir Marah Labid, Al-Ibriz, Al-Azhar, dan Tafsir Kemenag ketika menafsirkan QS. Al-Baqarah[2]: 48. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2195 |
Appears in Collections: | Tesis S2 Ilmu Al Quran dan Tafsir |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
219410899-Siti Eva Zulfa.pdf Restricted Access | 219410899-Tesis | 1.81 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.