Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2203
Title: Hubungan Antara Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Melanjutkan Sekolah (Studi Kasus di MTS Negeri 17 Jakarta Timur)
Authors: Kulsum Badriah, 99310506
Advisor: Suwarno Imam
Issue Date: 2005
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab1• Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional di atas diperlukan komponen penunjang yang dapat membantunya antara lain perekonomian orang tua dan kepedulian mereka terhadap anaknya. Anak sebagai titipan J.llah adalah menjadi tanggung jawab kedua orang tua untuk mendidiknya, karena kelak ta1ggung jawab ini dipertanggung jawabkan kepada Allah. Setiap orang tua menginginkan anaknya hidup bahagia di dunia dan di akhirat. Kedua orang tua memang memiliki peranan penting dalam pembentukan dasar-dasar kepribadian anaknya. Pada umumnya orang tua menginginkan nasib anak-anaknya lebih baik dari mereka, sehingga mereka berupaya mengubah nasib mereka dengan cara menyekolahkannya ke jenjang yang tertinggi menurut kemampuan ekonominya. Dengan pendidikan yang tinggi maka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baikpun tentu lebih terbuka. Pada hakikatnya tidak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyelesaikan pendidikan formalnya ke tingkat yang lebih tinggi dikarenakan kondisi sosial ekonomi orang tua yang berbeda-beda.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2203
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Kulsum Badriah_FULL.pdf
  Restricted Access
4.69 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
Kulsum Badriah_BAB 1 DAN 5.pdf
  Restricted Access
1.18 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.