Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/224
Title: Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Bullying pada Remaja di SMA Triguna Utama Ciputat Tangerang
Authors: Siti Khairiah, 11311099
Advisor: Rachmat Mulyono
Issue Date: 2015
Publisher: Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui ada atau tidak peranan guru bimbingan konseling dalam mengatasi bullying pada remaja di SMA Triguna Utama Ciputat Tangerang. Melalui peranan guru bimbingan konseling ini di harapkan dapat mengatasi perilaku bullying yang ada di SMA Triguna Utama Ciputat. Subjek penelitian ini adalah kelas XI SMA Triguna Utama di Ciputat. Responden dalam penelitian ini berjumlah 37 orang diambil dari 20% dari populasi siswa yang berjumlah 182 orang. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh) dan bukan penelitian pustaka (library reseacrh). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kombinasi (mixed methods) dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Karena peneliti ingin mendapatkan data yang valid dan komprehensif maka peneliti menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif, jadi data yang akan diperoleh dan dianalisis tidak berupa data hasil angket saja, akan tetapi diperkuatkan dengan data hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada peranan guru bimbingan konseling dalam mengatasi bullying yang terjadi pada remaja di SMA Triguna Utama Ciputat Tangerang namun, peranannya sedang-sedang saja. Hal ini dilihat dari r hitungnya 0,573 dan nilai tersebut berada pada interval sedang. Peranan guru bimbingan konseling di SMA Triguna Utama Ciputat sedang-sedang saja karena guru bimbingan konseling memiliki xxii
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/224
Appears in Collections:Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
11311099.pdf
  Restricted Access
2.91 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.