Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2263
Title: | Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada PAI di SDI Al Fikri Bekasi |
Authors: | Mamlakhatus Sauda, 02310640 |
Advisor: | Edy Suhandi |
Issue Date: | 2010 |
Publisher: | Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta |
Abstract: | Kurik:ulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KTSP ini memiliki empat komponen yaitu tujuan Pendidikan Sekolah, Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Pendidikan, dan Silabus dan RPP. Dengan diterapkannya KTSP ini diharapkan satuan pendidikan mampu meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengembangkan k:urik:ulum, rnengelola dan memberdayakan sumber yang tersedia. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan KTSP pada PAI di SDI Al Fikri Bekasi. Dalam kajian teoritis penulis memaparkan berbagai macam aspek yang berkaitan dengan KTSP dan PAI. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket, adapun tekhnik analisis data menggunakan rumus prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDI Al Fikri telah berhasil menerapkan KTSP pada PAI, pemyataan ini berdasarkan jawaban guru PAI yang menyatakan 7 dari 10 pertanyaan , guru menjawab selalu melakukan hal-hal yang berkaitan dengan Silabus dan RPP. Dan jawaban siswa-siswi kelas 3 yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran PAI yaitu 12 dari 18 pertanyaan siswa menjawab selalu. |
URI: | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2263 |
Appears in Collections: | Skripsi S1 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Mamlakhatus Sauda_FULL.pdf Restricted Access | 7.17 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy | |
Mamlakhatus Sauda_BAB 1 DAN 5.pdf Restricted Access | 1.24 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.