Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2306
Title: Manajemen Bisnis Islam
Authors: Fitrotin Azizah, 02110369
Advisor: Hasanudin
Issue Date: 2007
Publisher: Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Persaingan dalam bisnis merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari, tingkat persaingan bisnis akan makin meningkat dengan adanya globalisasi. Perkembangan i global yang begitu cepat dalam dunia bisrJs mengharuskan pelaku bisnis muslm berhadapan dengan pelaku-pelaku bisnis non muslim dalam berbagai transaksi. Persoalannya kemudian adalah, bagaimana para pelaku bisnis mempunyai manajemen bisnis yang harus diikuti atau bisa menjadi panutan dalam. kegiatan muamalah tersebut. Karena dalam sistem perekonomian modern, orang dituntut untuk bersaing dan bekerjasama satu sama lain. Sementara bagi umat Islam, sudah jelas dituntut pula untuk memiliki konsep dasar dalam berbisnis (berdagang) yang up to date dan sesuai dcngan syariat. Bisnis adalah sebuah aktivitas yang mengarah pada peningk.atan nilai tambah melalui proses penyerahan jasa, perdagangan atau pengolahan barang (produksi). alam konteks perusabaan. bisnis dipahai sebagai suatu proses keseluruhan dari produksi yang mempunyai kedalaman logika, bahwa bisnis dirumuskan sebagai memaksimumkan keuntungan perusahaan dan meminimumkan biaya perusahaan. Oleh karena itu, bisnis seringkali menetapkan pilihan strategis dari pada pendirian berdasarkan nilai, dimana pilihan strategis didasarkan atas logika subsistem yaitu keuntungan dan kelangsungan hidup bisnis itu sendiri. Akibat dari kesadaran demikian, upaya•upaya meraih keuntungan dilakukan dengan cara apapun. 2 Islam sebagai akidah dan sistem kehidupan berusaha mendialektikan antara ruh dan jasad manusia, nilai-nilai spiritualisme dan materialisme, hubungan antara individu dan masyarakat. Selain itu, berus':lha menjaga hubungan harmonis antara individu (masyarakat) dan negara. Individu muslim harus memiliki sistem pemerintahan yang akan mengatur kehidup&n politik, ekonomi, sosial sesuai dengan nilai•nilai Islam. Dengan demik.ian, bisnis menuntut adanya teori manajemen yang akan mengatur kehidupan sosial dalam masyarakat muslim.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/2306
Appears in Collections:Skripsi S1 Hukum Ekonomi Syariah

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Fitrotin Azizah_FULL.pdf
  Restricted Access
6.83 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.