Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/236
Title: Pengaruh Parenting Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Karakter Siswa SDN Kalimulya 01 Depok Jawa Barat
Authors: Amalia, 213810091
Advisor: Darwis Hude
Kadir
Issue Date: 2017
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penulis memilih judul penelitian ini karena beberapa alasan, Pertama, fenomena yang penulis jadikan objek penelitian serta variable-variabel yang tercakup dalam asumsi terhadap fenomena merupakan objek kajian bagi penerapan disiplin ilmu yang penulis pelajari selama penulis mengikuti program magister, salah satunya yaitu pendidikan karakter, yang merupakan model pendidikan yang harus dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat dalam pembentukan karakter anak bangsa, usaha yang sungguh-sungguh untuk membentuk watak, perilaku, karakter dengan menggunakan sarana pendidikan dan pembinaan yang terprogram dengan baik dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Kedua, karena judul penelitian lahir dari asumsi fenomena yang dijadikan objek penelitian yakni “parenting dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap karakter siswa SDN 01 Kalimulya, maka penulis menganggap bahwa judul penelitian yang peneliti pilih termasuk suatu konsep gagasan yang original, dan mungkin saja belum ada pihak yang meneliti dengan judul objek yang sama. Persoalan yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh parenting dan lingkungan sekolah terhadap karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parenting dan lingkungan sekolah terhadap karakter siswa SDN 01 Kalimulya Depok. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif, penulis merasa perlu adanya penggabungan dua metode ini (mixed methode), agar masing-masing pendekatan saling melengkapi. Alasan pemilihan kedua pendekatan penelitian tersebut adalah bahwa kedua jenis penelitian tersebut saling memperkuat dan saling melengkapi sehingga akan dicapai hasil penelitian yang tidak hanya objektif, terstruktur, dan terukur namun akan dicapai juga hasil penelitian yang mendalam dan faktual. Konsep gagasan yang terkandung dalam judul penelitian yang peneliti pilih adalah konsep gagasan pengujian pendapat (hipotesis) tentang adanya hubungan kausalitas diantara parenting dan lingkungan sekolah dengan karakter, konsep gagasan yang dimaksud secara sederhana dapat dijelaskan bahwa karakter yang tidak baik itu disebabkan karena parenting dan lingkungan sekolah. Maka solusi yang direkomendasikan adalah kalau karakter ingin baik, maka parenting dan lingkungan sekolah harus baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa temuan penelitian mengungkapkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara parenting dengan karakter. Hal ini bermakna bahwa salah satu cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan karakter adalah dengan cara meningkatkan dan menjalankan norma-norma dalam penerapan pola asuh anak sesuai dengan norma agama serta menjauhi larangannya, orangtua yang harus memberikan perhatian, melakukan kontroling dan pemantauan yang maksimal baik dirumah maupun disekolah dan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan karakter, maka hal ini bermakna bahwa salah satu cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan pembentukan karakter adalah dengan cara meningkatkan keberadaan lingkungan sekolah, di mana tempatnya nyaman, bersih, asri dan bernuansa religius. Sehingga Parenting dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif hal ini berarti bahwa karakter baik yang dimiliki siswa Sekolah Dasar Negeri Kalimulya 01 Depok sangat ditentukan oleh parenting dan lingkungan sekolah yang agamis dan kondusif.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/236
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Amalia (213810091).pdf
  Restricted Access
Tesis-2138100915.79 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.