Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/238
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorAziz Fakhrurrazi-
dc.contributor.advisorNadjematul Faizah-
dc.contributor.authorSalahuddin, 213810096-
dc.date.accessioned2019-11-19T03:57:55Z-
dc.date.available2019-11-19T03:57:55Z-
dc.date.issued2017-
dc.identifier.urihttp://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/238-
dc.description.abstractPenelitian ini berangkat dari kajian peneliti tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) untuk Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang terdapat pada Kurikulum 2013. Baik Kompetensi Inti maupun Kompetensi Dasar keduanya bertujuan membentuk Karakter baik pada pada diri siswa. Sementara fakta di lapangan dijumpai beberapa kasus pelanggaran nilai-nilai agama dan moral yang dilakukan oleh siswa, salah satunya harian Kompas, Sabtu 9 April 2016 menurunkan berita “Kala Siswa Membakar Sekolahnya”. Karena itu untuk melihat seperti apa konsep dan implementasi Pendidikan Karakter dilaksanakan di sekolah terutama Karakter Santun dan Tanggung Jawab, maka peneliti melakukan penelitian di sekolah. Sekolah yang peneliti pilih untuk penelitian ini adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cordova karena sekolah ini: Pertama, menggunakan Kurikulum 2013 yang mana Kurikulum 2013 penekanannya adalah Pendidikan Karakter. Kedua, merupakan anggota dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) yang mana visi JSIT adalah membentuk generasi bertaqwa dan berkarakter pemimpin. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan pendekatan adalah jenis penelitian kualitatif (qualitative research). Sedangkan berdasarkan metode adalah jenis penelitian deskriptif. Peneliti berusaha untuk menggambarkan (to describe), menjelaskan (to explain), dan menjawab (to answer) persoalan-persoalan tentang fenomena sikap atau karakter siswa terutama Karakter Santun dan Tanggung Jawab di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cordova. xxi Kesimpulam dari penelitian ini adalah: (1) Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cordova diambil dari konsep Pendidikan Islam dan kurikulum 2013. (2) Implementasi Pendidikan Karakter, terutama Karakter Santun dan Tanggung Jawab siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cordova telah berlangsung dengan bagus. Siswa siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cordova telah berhasil memiliki karakter yang baik. Dan cara mengimplementasikan pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cordova adalah melalui kegiatan rutin atau pembiasaan, melibatkan nilai-nilai kebaikan dalam materi pelajaran yang disampaikan oleh para guru ketika mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas, keteladan para pendidik, membuat tata terbit yang jelas yang diketahui oleh para siswa dan pemberian hadiah (reward) bagi siswa yang patuh pada peraturan atau sanksi hukuman (punishment) bagi siswa yang melanggarnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherPascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakartaen_US
dc.subjectKonsepen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPendidikan Karakateren_US
dc.subjectSekolah Islam Terpaduen_US
dc.titleKonsep Dan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Pondok Aren-Tangerang Selatanen_US
dc.typeTesisen_US
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SALAHUDDIN - 213810096.pdf
  Restricted Access
Tesis-2138100964.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.