Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/239
Title: Pembentukan Karakter Takwa Pada Santri Di Pondok Pesantren Mirqot Ilmiyah Al-Itqon Jakarta Barat
Authors: Sumiati, 213810100
Advisor: Aziz Fakhrurrazi
Ade Naelul Huda
Issue Date: 2017
Publisher: Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta
Abstract: Penulis memilih judul penelitian ini karena, beberapa alasan: Pertama penulis melihat Perilaku penyimpangan pada remaja di Indonesia semakin memprihatinkan. Media informasi marak memberitakan hal tersebut, khususnya berkaitan dengan pornografi dan pornoaksi. Kedua jenis perilaku menyimpang ini seakan sedang menjadi trend di kalangan remaja. Seolah hal tersebut bukan lagi perbuatan yang tercela dan dilarang sehingga sering didapati remaja melakukan kegiatan terlarang itu diberbagai tempat tanpa rasa malu dan takut, baik tempat tertutup ataupun terbuka, seperti warnet, rumah pribadi, bioskop, hotel, dan bahkan disekolah. Kedua, Adapun alasan penulis memilih jenjang sekolah pertama sebagai objek penelitian, karena remaja usia ini cenderung labil dan mudah dipengaruhi, selain itu penyimpangan perilaku seksual pada remaja sekolah menengah pertama menjadi fenomena. Hal demikian menuntut untuk dikaji dan dicarikan solusi. Ketiga Pondok Pesantren Al-Itqon memiliki visi-misi yang berorientasi pada pembentukan karakter takwa. Persoalan yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah Pola seperti apa yang bisa diterapkan dalam mendidik santri sehingga tertanam karakter takwa dalam dirinya dan sehingga memungkinkan antara satu pola dengan pola yang lain memiliki kelebihan dan kekurangan, yang memungkinkan pola-pola tersebut dapat dikombinasikan menjadi pola baru dalam proses pembentukan karakter takwa di sekolah. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode menggunakan pendekatan kualitatif (qualitative research). Jenis penelitian kualitatif ini adalah studi kasus (case study). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) unsur-unsur niali karakter takwa yang dikembangkan dalam pondok pesantren Al-Itqon yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadist serta nilai-nilai luhur pancasila, (2) proses pembinaan pendidikan karakter takwa Pembiasaan, pemberian nasihat, adanya pahala dan sanksi, serta keteladanan dari kiyai dan para pengajarnya, viii merupakan metode pembinaan karaker mandiri dan disipliln santri pada Pondok Pesantren, (3) pola yang digunakan adalah pola integratif-holistik, meliputi Penetapan visi, misi, dan tujuan yaitu sekolah merencanakan dan menyelenggarakan berbagai kebijakan, program, dan cipta lingkungan yang bertujuan ketakwaan, dengan melibatkan semua unsur-unsur sekolah, Integrasi takwa dalam pembelajaran, Integrasi takwa dalam program kegiatan, dan Integrasi takwa dalam supremasi tata tertib.
URI: http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/239
Appears in Collections:Tesis S2 Pendidikan Agama Islam

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sumiati (213810100).pdf
  Restricted Access
Tesis-2138101006.46 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.