Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/240
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.advisor | Nadjematul Faizah | - |
dc.contributor.advisor | Esi Hairani | - |
dc.contributor.author | Risma Armawati, 213810105 | - |
dc.date.accessioned | 2019-11-19T04:07:39Z | - |
dc.date.available | 2019-11-19T04:07:39Z | - |
dc.date.issued | 2017 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/240 | - |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap sikap sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok.. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian survey (survey research) dengan pendekatan kausalitas, yaitu suatu cara mengumpulkan informasi dari populasi dengan tujuan untuk menjelaskan dan menerangkan fenomena yang terjadi dengan cara meneliti hubungan pengaruh antar variabel.Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok, namun pengambilan sampel dari 9 kelas yang ada dilakukan dengan cara teknik probability sampling, berupa random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode angket. Validitas instrumen angket menggunakan validitas konstruk, konsistensi internal, reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan analisis jalur (t test). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berpengaruh langsung positif terhadap sikap sosial siswa, artinya perubahan kualitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) akan menyebabkan peningkatan kualitas sikap sosial siswa. 2. Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh langsung positif terhadap sikap sosial siswa, artinya perubahan kualitas model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) akan menyebabkan peningkatan kualitas sikap sosial siswa. 3. Secara parsial Model Pembelajaran Kooperatif tipe group investigation/GI (X1) dan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division/STAD (X2) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap variabel Sikap Sosial Siswa (Y), artinya perubahan kualitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), dan model pembelajaran STAD secara bersama-sama akan menyebabkan peningkatan sikap sosial siswa. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Kooperatif GI | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Kooperatif STAD | en_US |
dc.subject | Sikap Sosial Siswa | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Tipe Students Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Sikap Sosial | en_US |
dc.title.alternative | Studi Kausal Materi PAI Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 02 Depok Jawa Barat | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
Appears in Collections: | Tesis S2 Pendidikan Agama Islam |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Risma Armawati (213810105).pdf Restricted Access | Tesis-213810105 | 3.98 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in IIQJKT-R are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.